6,5 Cm Berapa Meter? Cara Hitung, Konversi, Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – Bagaimana cara mengerjakan soal 6,5 cm berapa meter dengan mudah? Kamu bisa menggunakan sistem standar ukuran metrik panjang yang berlaku secara internasional. Standar ukuran yang dimaksud menggunakan diagram yang bentuknya berjenjang seperti anak tangga.

Jenjang pada diagram satuan panjang tersebut memuat tingkatan-tingkatan ukuran, mulai dari yang paling kecil letaknya di bawah hingga terbesar yang ada di posisi teratas. Pada umumnya, diagram konversi ukuran panjang tersebut dimulai dari milimeter (mm) paling kecil hingga kilometer (m).

Konversi 6,5 Cm Berapa Meter

Kalau ingin mengubah satuan panjang benda dari cm menjadi meter, maka harus tahu dulu dimana letaknya pada diagram konversi. Perlu kamu pahami bahwa setiap naik satu tingkatan maka nilainya menjadi 10x lipat lebih besar, begitu juga sebaliknya..

Menurut diagram konversi satuan panjang, letak cm berada dua tingkatan di bawah meter. Artinya, nilai dari cm ke meter harus naik dua tingkat atau 102 yaitu 100. Karena nilai panjang dalam meter 100 kali lebih besar dari cm, maka jika mengubah dari sentimeter ke meter dibagi 100.

Baca Juga:  Perhitungan 1 mg Berapa mL, Ini Cara Jawab dan Konsepnya

Sehingga, menurut rumus tersebut maka 6,5 cm kalau dikonversikan ke dalam satuan meter yaitu 6,5/ 100 sama dengan 0,65 meter. Jika ingin mengubah meter ke cm, konversi nilai dilakukan dengan cara sebaliknya. Meter ke sentimeter dikonversi dengan dikalikan 102 atau 100.

Contoh Soal Cm ke Meter

Soal 6,5 cm berapa meter diperoleh hasil 0,065 meter menggunakan rumus konversi satuan panjang yang sudah ada. Dengan menggunakan cara dan rumus yang sama, kamu bisa menghitung panjang benda dari sentimeter (cm) menjadi meter dengan nilai berapa saja.

Rumus umum yang berlaku dalam konversi satuan panjang yaitu jika naik satu tingkat maka dibagi 10, sebaliknya kalau turun satu tingkat maka konversinya dikali 10, begitu seterusnya. Supaya lebih jelas silakan lihat contoh berikut ini.

1. Soal 1

Sebatang kayu memiliki panjang 1250 cm, berapakah panjangnya dalam meter?

Cara menghitungnya yaitu dengan membaginya dengan 100 (sentimeter ke meter). Perhitungannya adalah 1250/ 100 (cm) yaitu 1,250 meter. Jadi 1250 cm = 1,25 meter.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Volume Prisma Segitiga, Segilima, Segienam

2. Soal 2

Panjang pipa PDAM yang digunakan di rumah Budi yaitu 75000 cm. Kalau Budi akan membeli pipa di toko bangunan, berapa meter panjang yang dibutuhkan?

Untuk menghitungnya tinggal ubah ukuran panjang pipa dalam cm menjadi meter, yaitu dengan dibagi 100.

Panjang pipa = 75000 cm = …meter?

Panjang pipa = 75000/100 (meter) = 75 meter.

Jadi, Budi harus membeli pipa sepanjang 75 meter di toko bangunan.

3. Soal 3

Bu Sinta membeli pita untuk anaknya dengan panjang 250 cm. Berapa panjang pita tersebut dalam satuan meter?

Panjang pita yaitu 250 cm, jika dijadikan meter maka dibagi 100, sehingga perhitungannya 250/ 100 hasilnya 2,5 meter.

Mudah sekali menjawab soal 6,5 cm berapa meter menggunakan diagram konversi satuan panjang internasional. Letak sentimeter berada dua tingkat di bawah meter, sehingga untuk mengubah satuan cm menjadi meter, angka harus dibagi dengan 100.