1,6 Meter Berapa Cm? Ini Jawaban dan Konversi Satuan Panjang


uinsuka.ac.id – Saat belajar pelajaran matematika, pasti ada materi yang membahas tentang konversi satuan meter ke cm atau sebaliknya. Contohnya seperti soal 1,6 meter berapa cm? Soal sejenis ini mungkin cukup sering kamu jumpai. Bagi pelajar, pelajaran mengenai satuan panjang sangat penting dipahami.

Pasalnya satuan panjang beserta konversinya akan digunakan di berbagai bidang dan dalam kehidupan sehari-hari. Satuan meter dan centimeter adalah dua jenis satuan panjang berstandar internasional. Tidak heran jika persoalan yang berkaitan dengan konversi antar dua satuan ini paling sering ditemui.

Memahami Tangga Meteran

Sebelum menyelesaikan persoalan 1,6 cm yang dikonversi ke meter, maka terlebih dulu mari pahami apa yang dimaksud dengan tangga meteran. Tangga meteran dimulai dari satuan paling atas, yaitu km atau kilometer.

Sedangkan urutan atau tingkatan satuan paling bawah dari tangga meteran adalah milimeter. Semua satuan panjang dalam tangga meteran ini digunakan untuk menyatakan ukuran suatu benda. Namun dua dari jenis satuan panjang yang paling sering digunakan adalah centimeter dan meter.

Baca Juga:  0,5 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Desimal-Pecahan

Berikut ini bisa disimak urutan satuan tersebut:

  • Kilometer
  • Hektometer
  • Dekameter
  • Meter
  • Desimeter
  • Centimeter
  • Milimeter

Dari tangga meteran di atas, bisa dilihat bahwa meter ada diurutan ke-4 sedangkan centimeter ada di urutan ke-6. Meter dan centimeter hubungan yang cukup erat. Pasalnya kedua satuan ini sering dijadikan konversi.

Contohnya ada pada soal 1,6 meter berapa cm yang artinya satuan meter ini harus dikonversi menjadi centimeter sehingga nantinya nilai keduanya setara atau sebanding.

Langkah Mudah Menghitung 1,6 Meter Berapa Cm

Menyelesaikan soal matematika atau perhitungan memang dibutuhkan langkah-langkah yang berurutan dan harus sesuai dengan prinsip hitungan yang benar. Lantas bagaimana urutan dan penyelesaian soal tersebut? Berikut ini tahapan-tahapannya:

1. Hafalkan Urutan Tangga Meteran

Menghafal urutan meteran satuan panjang ini ternyata sangat penting. Dengan menghafal tangga meteran maka kamu bisa tahu apakah satuan yang akan dikonversi tersebut tingkatannya lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkatan tujuan konversi.

2. Terapkan Prinsip Konversi

Dalam penyelesaian soal konversi, terdapat prinsip yang akan memudahkan langkah dalam menyelesaikannya.

Baca Juga:  7 Meter Berapa cm? Jawaban dan Pembahasannya Lengkap

Satuan awal yang levelnya lebih rendah dari target konversi, harus naik ke tingkatan satuan tersebut dengan cara membagi nilai konversi awal dengan bilangan 10 atau kelipatannya.

Sebaliknya jika konversi awal levelnya lebih tinggi dari satuan konversi target maka nilai konversi awal harus dikalikan dengan 10 atau kelipatannya. Misalnya dalam hal ini 1,6 meter ke cm, maka meter ke centimeter harus turun sebanyak 2 tingkat. Artinya nilai 1,6 ini harus dikali dengan 100.

Jadi penerapannya, 1,6 × 100 = 160. Maka 1,6 meter senilai dengan 160 cm.

Berdasarkan langkah mudah penyelesaian konversi di atas, maka 1,6 meter berapa cm sudah terjawab dengan benar yaitu 160 cm. Selanjutnya untuk penyelesaian konversi lain bisa mengikuti cara di atas.

error: