10 oz Berapa mL? Cara Hitung dan Contoh Soalnya

Uinsuka.ac.id – Pernahkah kamu penasaran seberapa banyak volume dalam satuan ons (oz) setara dengan mililiter (ml)? Pertanyaan yang sering muncul adalah 10 oz berapa mL. konversi ini sering muncul dalam penggunaan produk dengan takaran ons, sementara kamu lebih terbiasa dengan ukuran dalam mililiter.

Mengetahui konversi yang tepat antara 10 ons dan mililiter dapat sangat bermanfaat dalam memasak atau mengukur bahan-bahan tertentu. Proses konversi antara ons dan mililiter sebenarnya melibatkan faktor konversi yang tetap.

Namun, untuk sebagian orang, perhitungan ini mungkin terlihat rumit atau membingungkan. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan yang sederhana dan mudah dipahami untuk mengatasi kebingungan tersebut.

Mengenal Satuan OZ (ons)

Satuan ons atau ounce (oz) merupakan satuan berat atau massa yang sering digunakan dalam sistem pengukuran imperial atau imperial AS. Meskipun ons umumnya digunakan untuk mengukur berat, perlu dicatat bahwa ada dua jenis ons yang berbeda, yakni ons cair (fluid ounce) dan ons berat (ounce).

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Bilangan Bulat, Contoh dan Hasil

Keduanya memiliki konsep pengukuran yang berbeda seperti penjelasan di bawah ini.

1. Ons Berat (Ounce Weight)

Ons berat adalah satuan pengukuran berat yang sering digunakan dalam sistem imperial. Satu ons berat setara dengan sekitar 28.35 gram.

Pada umumnya, dalam kegiatan sehari-hari, kamu dapat menemui ons berat ketika membeli barang-barang yang diukur dalam berat, seperti makanan atau bahan-bahan masakan. Misalnya, sebotol saus tomat dapat memiliki berat tertentu dalam ons.

2. Ons Cairan (Fluid Ounce).

Ons cair adalah satuan pengukuran volume yang sering digunakan untuk cairan atau zat cair. Satu ons cair setara dengan sekitar 29.57 mililiter.

Penggunaan ons cair umumnya terlihat pada produk-produk seperti sirup, minyak, atau parfum. Contohnya, ketika melihat label minyak esensial, takaran bisa dinyatakan dalam ons cair.

Contoh Perhitungan 10 OZ Berapa mL

Untuk menghitung 10 oz berapa mL, kamu perlu menggunakan faktor konversi yang mengubah satuan berat (ons) menjadi satuan volume (mililiter). Perlu diingat bahwa 1 ons cair setara dengan sekitar 29.57 mililiter. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan rumus berikut.

Baca Juga:  3 Kg Berapa Gram? Ini Cara Menghitung dan Konversinya

Volume (mL) = massa (ons) x faktor konversi

Agar lebih paham, silakan simak contoh sederhananya berikut ini.

Diketahui jumlah massa suatu zat adalah 1 kg atau 10 ons, berapa volume zat tersebut dalam mL? Cara mencarinya bisa digunakan rumus di atas.

Volume (mL)     = massa (ons) x faktor konversi

= 10 ons x (29,57 mL/ons)

= 295,7 mL

Dengan demikian, kamu sudah mendapatkan hasil bahwa 10 oz atau 10 ons zat setara dengan 295,7 mL.

Cara konversi 10 ons berapa mL di atas sudah bida mengatasi kebingungan terkait satuan ukuran ini. Mengingat perbedaan antara ons berat dan ons cair, serta memahami faktor konversi yang tepat, kamu untuk dengan mudah mengaplikasikan pengetahuan ini dalam kegiatan sehari-hari.

Mengetahui bahwa 10 ons setara dengan 295.7 mililiter memberi kamu kepercayaan diri lebih untuk mendekati takaran dengan akurasi yang diperlukan, terutama dalam membuat suatu cairan.