6 Pangkat 2 Berapa? Cara Menghitung Bilangan Berpangkat

Uinsuka.ac.id – Cara mencari hasil dari 6 pangkat 2 berapa adalah perhitungan dasar dalam ilmu matematika. Setiap kali bilangan dikalikan 2 kali, bilangan yang dihasilkan disebut dengan pangkat 2 dari bilangan itu sendiri.

Akar pangkat dua dapat diartikan sebagai bilangan yang harus dikalikan 2 kali untuk mendapatkan nilai aslinya. Pada kasus perhitungan ini, kamu hanya perlu mengalikan angka 6 dengan 6. Kali ini akan dibahas cara menghitungnya dilengkapi contohnya untuk latihan.

Hasil dari 6 Pangkat 2 Berapa?

1. Rumus Bilangan Berpangkat

Sebelum menghitung 6 pangkat 2, penting untuk mengenal apa itu pangkat dan rumusnya. Pangkat bisa diartikan sebagai cara untuk mengekspresikan suatu bilangan yang dinaikkan pada eksponen.

Seperti misalnya, 6 pangkat 2 maka akan dituliskan dalam bentuk berikut 6^2. Ini berarti bahwa bilangan 6 tersebut sudah dinaikkan ke eksponen 2. Sedangkan rumus yang bisa digunakan untuk menghitungnya adalah sebagai berikut:

a pangkat n = a x a x a x a x …..x a (sebanyak jumlah n)

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Luas Trapesium dan Contoh Soal

Rumus tersebut menunjukkan bahwa a merupakan bilangan dasar, sedangkan n termasuk eksponen. Bilangan dasar tersebut dapat dikalikan dengan sebanyak jumlah n yang sudah ditentukan.

2. Cara Menjawab

Kamu bisa menghitung 6 pangkat 2 menggunakan kalkulator atau secara manual dengan tangan. Kalkulator biasanya dilengkapi dengan sebuah tombol pangkat yang dilambangkan dengan simbol yx atau^. Hal ini akan memungkinkan untuk perhitungan bilangan pangkat secara lebih praktis dan mudah.

Sedangkan untuk perhitungan manual, cukup kalikan angka 6 dengan dirinya sendiri sebanyak 2 kali. Jika dituliskan dalam notasi matematika maka bentuk perhitungannya kurang lebih seperti ini:

6^2 = 6 x 6 = 36

Jadi, hasil dari 6 pangkat 2 berapa adalah 36. Perhitungan ini memiliki hasil yang cukup tepat dan akurat sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan kalkulator.

Contoh Lain dari Bilangan 6 Pangkat 2

6 pangkat 2 bukan satu-satunya contoh dari bilangan berpangkat yang bisa dipelajari. Masih banyak sekali contoh lainnya dari bilangan berpangkat untuk dijadikan latihan. Berikut ini adalah kumpulan contoh yang lainnya:

  • 10 pangkat 5? 10 x 10 x 10 x 10 x 10 = 100.000
  • 9 pangkat 2? 9 x 9 = 81
  • 11 pangkat 2? 11 x 11 = 121
  • 17 pangkat 0 = 1
Baca Juga:  Jam 23.00 Jam Berapa? Cara Menjawab & Pembagian Waktu

Dalam ilmu matematika, perpangkatan juga bisa digunakan untuk perhitungan bilangan negatif dan bilangan pecahan. Seperti misalnya, 2 pangkat -3 berarti sama dengan 0,125 atau 1/8. Hal ini karena 2 dibagi dengan bilangan itu sendiri hingga 3 kali atau 1/2 x 1/2 x 1/2.

Pembahasan tersebut sudah cukup lengkap untuk menjawab pertanyaan 6 pangkat 2 berapa. Ini sebenarnya tergolong dalam konsep eksponen atau operasi pangkat yang perlu dipahami. Konsep pangkat juga dibutuhkan untuk perhitungan nilai-nilai kecil atau besar pada ilmu teknik, dan fisika.