15 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung dan Konversi Panjang

Uinsuka.ac.id – 15 meter berapa cm bisa diketahui dengan mudah jika kamu paham cara mengukurnya. Meter (m) sendiri merupakan satuan ukuran panjang yang ada dalam sistem SI atau Satuan Internasional. Sedangkan sentimeter (cm) juga digunakan untuk mendefinisikan panjang suatu benda.

Jika dilihat dari tangga konversi panjang, sentimeter adalah turunan dari meter. Letak satuan sentimeter memiliki jarak dua tingkat yang berada di bawah meter. Penting diketahui jika arahnya turun maka cara menghitungnya harus dikalikan.

Memahami Tangga Satuan Ukuran Panjang

Satuan meter dan sentimeter terletak dalam sebuah satuan tangga konversi untuk ukuran panjang. Hanya saja meter memiliki posisi yang lebih tinggi hingga dua tingkat dari sentimeter atau cm. Jika ingin mengkonversi, tentunya harus paham terlebih dahulu urutan satuan panjang di bawah ini.

  • Kilometer atau km
  • Hektometer atau hm
  • Dekameter atau dam
  • Meter atau m
  • Desimeter atau desimeter
  • Sentimeter atau cm
  • Millimeter atau mm
Baca Juga:  2 Cara Menghitung Mean Data Kelompok dan Contoh

Menurut tangga konversi, setiap turun 1 tangga maka perhitungannya dikalikan dengan 10. Namun jika naik 1 tangga, perhitungannya harus dibagi dengan bilangan 10. Posisi meter dan sentimeter memiliki jarak turun dua tangga, berarti harus dikalikan dengan bilangan 100.

15 Meter Berapa Cm?

Untuk mengetahui ukuran 15 m berapa cm, maka tinggal dikalikan dengan bilangan 100. Sehingga dapat diketahui dengan jelas bahwa dalam setiap 1 meter sudah mewakili 100 centimeter. Agar makin paham, berikut ini akan dijelaskan rumus dan perhitungannya:

Rumus = meter x 100 cm/meter

= 15 meter x 100

= 1500 cm

Berdasarkan perhitungan tersebut, sudah diketahui bahwa hasil konversi 15 meter berapa cm adalah 1500 cm. Perhitungan semacam ini ternyata juga diberlakukan bilangan lainnya seperti decimal.

Sebagai contoh, angka 0,30 meter akan diubah menjadi satuan sentimeter atau cm. Kamu tinggal kalikan 0,30 dengan bilangan 100 sehingga hasilnya adalah 30. Berarti nilai 0,30 meter sebanding dengan nilai 30 sentimeter.

Contoh Soal Meter ke Sentimeter

Melengkapi pembahasan tentang 15 meter sama dengan berapa cm, akan diberikan contoh soalnya. Berikut ini adalah contoh yang dilengkapi pembahasannya secara detail:

Baca Juga:  0,6 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Satuan Panjang

1. Contoh Soal 1

Sebuah tali yang digunakan untuk tambang memiliki ukuran panjang mencapai 20 meter. Berapa cm kah panjang dari tali tersebut?

Jawaban:

Rumus = Meter x 100

= 20 meter x 100

= 2000 cm

Jadi, tali tersebut memiliki panjang mencapai 2000 cm

2. Contoh Soal 2

Tiang bendera yang berada di halaman depan sekolah memiliki tinggi mencapai 8 meter. Berapa cm ukuran tinggi dari tiang tersebut?

Rumus konversi = meter x 100

= 8 meter x 100

= 800 cm

Jadi, tiang bendera yang ada di halaman sekolah memiliki tinggi 800 cm.

Mengkonversi 15 meter berapa cm dapat dilakukan dengan mengetahui tangga satuan panjang. Letak satuan sentimeter dengan jarak turun dua tingkat dari meter berarti tinggal dikalikan 100. Perhitungannya sangat mudah sehingga kamu bisa mendapatkan hasil konversi akurat.