6 Cara Menghitung Tinggi Segitiga Siku, Sama Kaki, Sisi, Sembarang

Uinsuka.ac.id – Aktivitas hitung-menghitung aneka bentuk dalam matematika, layaknya aktivitas merangkai puzzle. Kita harus menghubungkan dan menghitung angka-angka yang dimiliki untuk menemukan apa yang dicari. Namun tidak perlu bingung, karena ada cara menghitung tinggi segitiga dengan mudah.

Ketika menghadapi soal matematika yang terlihat susah atau barangkali belum pernah dikerjakan sekalipun, cobalah untuk tenang terlebih dahulu. Sebab setiap teka-teki dalam matematika selalu bisa terpecahkan. Yang perlu dilakukan hanyalah tenang dan lihat, apa saja bahan yang dimiliki.

Lalu, apa yang harus dicari. Coba hubungkan semua komponen-komponen yang dimiliki. Jika memang terlalu sulit untuk mengaplikasikan rumus secara langsung, cobalah untuk melogikanya dengan pikiran terlebih dahulu. Dengan begitu, bakal lebih mudah untuk menemukan jawabannya.

Mengenal Bentuk Segitiga

Salah satu bentuk yang sering ditemui di bangku sekolah pada pelajaran matematika adalah segitiga. Seperti yang biasa terlihat di dalam buku, segitiga adalah salah satu bentuk yang memiliki tiga sisi dan memiliki tiga sudut di masing-masing ujung pertemuan sisi-sisinya.

Berdasarkan jenis-jenisnya, segitiga memiliki beragam jenis. Maka tak heran, jika bakal ditemui banyak sekali bentuk segitiga di seluruh dunia. Mulai dari segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang, segitiga siku-siku, segitiga beraturan, segitiga limas, dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki panjang sisi yang berbeda-beda, tetapi masing-masing segitiga itu memiliki rumus keliling dan luas yang sama. Hanya saja, terkadang cara untuk menempuh apa yang dipertanyakan dalam soal berbeda-beda. Seperti halnya cara menghitung tinggi bidang segitiga.

Cara Menghitung Tinggi Segitiga

Sedang berhadapan dengan soal segitiga dan bingung bagaimana menghitung bagian tingginya? Tenang saja. Jangan bingung. Sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghitung bagian tersebut. Penasaran? Berikut cara menghitung tinggi segitiga dengan berbagai rumus yang ada.

Baca Juga:  5,6 Berapa Cm? Cara Hitung Satuan Inci dan Penggunaannya

1. Siku-Siku

Masih ingat segitiga siku-siku? Segitiga ini adalah segitiga yang memiliki dua sisi siku-siku atau 90 derajat. Jika dihadapkan dengan bentuk segitiga seperti ini, biasanya ada beberapa angka yang dicantumkan dalam soal. Seperti jumlah luas dan panjang salah satu sisi segitiga.

Jadi untuk mencari tingginya, kamu hanya perlu mengaplikasikan rumus jumlah luas dibagi hasil dari setengah kali panjang salah satu sisi segitiga. Hasil yang didapat dari penjumlahan itu nantinya adalah tinggi segitiga siku-siku.

Untuk bisa mengaplikasikan rumus dengan baik dan tepat, ikuti beberapa langkah menghitung berikut ini. Diketahui jumlah luas segitiga siku-siku adalah 20 dan panjang salah satu sisinya adalah 4. Jadi, berapa tinggi yang dimiliki oleh segitiga siku-siku itu?

Diketahui jumlah luas segitiga siku-siku adalah 20 dan panjang salah satu sisinya adalah 4. Jadi, berapa tinggi yang dimiliki oleh segitiga siku-siku itu

2. Sama Kaki

Selain memiliki sisi siku, bentuk segitiga lainnya juga ada yang memiliki sisi kaki yang sama. Di mana sisi miring bagian kanan dan kiri memiliki panjang yang sama. Jika dicari garis tingginya, garis itu berada di bagian tengah dan membelah segitiga menjadi dua bagian.

Ketika berhadapan dengan soal seperti ini, tidak perlu bingung. Sebab biasanya, soal akan menginformasikan panjang sisi sama kaki dan alasnya. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengaplikasikan rumus tinggi kuadrat sama dengan sisi kuadrat dikurangi setengah alas kuadrat.

Contoh soalnya adalah sebagai berikut:

Diketahui sebuah segitiga sama kaki memiliki sisi sama kaki 13 sentimeter dan panjang alas 10 sentimeter. Maka, berapa tinggi yang dimiliki oleh segitiga sama kaki itu?

Diketahui sebuah segitiga sama kaki memiliki sisi sama kaki 13 sentimeter dan panjang alas 10 sentimeter. Maka, berapa tinggi yang dimiliki oleh segitiga sama kaki itu

3. Sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang memiliki sisi tidak beraturan. Ketika mencari tinggi pada segitiga sembarang, soal akan menginformasikan luas dan alasnya. Dengan begitu, kamu bisa mengaplikasikan rumus tinggi sama dengan dua dikali luas dibagi alas.

Baca Juga:  0,25 Meter Berapa cm? Cara Menghitung Sesuai Tangga Satuan

Contoh soal itu biasanya seperti berikut:

Diketahui sebuah segitiga sembarang memiliki alas 12 sentimeter dan luas 114 sentimeter kuadrat. Maka, berapakan tinggi yang dimiliki oleh segitiga sembarang itu?

Diketahui sebuah segitiga sembarang memiliki alas 12 sentimeter dan luas 114 sentimeter kuadrat. Maka, berapakan tinggi yang dimiliki oleh segitiga sembarang itu

4. Sama Sisi

Jenis segitiga lainnya adalah segitiga sama sisi. Untuk bisa mencari tingginya, kamu harus mengaplikasikan cara menghitung tinggi segitiga yang berbeda dengan sebelumnya. Bisa menggunakan rumus abc atau langsung memasukkan angka-angka ke dalam rumus.

Berikut contoh soalnya:

Diketahui segitiga sama sisi memiliki panjang 8 sentimeter. Jika ditarik garis, tinggi segitiga itu kira-kira berada di tengah-tengah, sehingga alasnya berukuran empat sentimeter. Jadi bisa langsung mengaplikasikan rumus tinggi sama dengan setengah dikali sisi akar tiga.

Jadi bisa langsung mengaplikasikan rumus tinggi sama dengan setengah dikali sisi akar tiga

5. Limas

Tidak hanya bentuk biasa, kamu juga akan bertemu dengan segitiga yang memiliki bentuk 3D. Segitiga itu dinamakan sebagai segitiga limas. Segitiga lima memiliki ciri-ciri sudut lancip di bagian atasnya dengan satu alas di bagian bawah. Sementara sisi-sisinya berjumlah empat.

Satu alas dan tiga sisi yang ada di bagian sampingnya. Sementara rusuk-rusuknya berjumlah delapan dengan lima titik sudut. Sama seperti soal-soal sebelumnya, segitiga limas ini bisa dicari luas, alas, sisi, hingga tingginya.

Pun dalam bentuk segitiga ini, komponen yang biasa diinformasikan dalam soal adalah bagian alas dan volume. Ketika sudah mengetahui dua hal itu, kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke dalam rumus tinggi sama dengan volume dibagi sepertiga dikali luas alas.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas, simak contoh soal berikut:

Sebuah lima segitiga sama sisi memiliki sisi alas 16 dan volume 963 sentimeter kubik. Maka, berapa tinggi yang dimiliki oleh segitiga limas sama sisi itu?

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari luas alas limas segitiga terlebih dahulu.
Baca Juga:  2% dari 1 juta Berapa? Cara Menghitung Persentase dengan Cepat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari luas alas limas segitiga terlebih dahulu

  • Setelah itu, baru mencari tinggi limas segitiga

Setelah itu, baru mencari tinggi limas segitiga

6. Prisma

Selain limas, segitiga 3D juga memiliki bentuk prisma. Jika limas adalah segitiga dengan sudut lancip di atasnya, lain hal dengan prisma. Sebab segitiga prisma memiliki tutup dan alas berbentuk segitiga. Jika dijumlah, segitiga prisma memiliki lima sisi. Dua sisi segitiga dan tiga berbentuk persegi panjang.

Dalam bangunan 3D, juga dikenal istilah rusuk atau titik sudut. Rusuk adalah tepi atau pinggir yang mempertemukan ujung sisi satu dan lainnya. Sementara titik sudut adalah titik yang mempertemukan masing-masing sudut yang menyatu. Rusuk dalam prisma segitiga berjumlah 9 dan 6 titik sudut.

Biasanya, dalam soal yang memerintahkan untuk mencari tinggi dalam prisma segitiga sama sisi, akan diketahui volume dan luas alasnya. Sementara rumus yang bisa diaplikasikan adalah tinggi sama dengan volume dibagi luas alas.

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, berikut contoh soalnya:

Diketahui sebuah prisma segitiga memiliki volume 72 sentimeter kubik dan luas alas 6 sentimeter kuadrat. Maka, berapa tinggi yang dimiliki oleh prisma segitiga tersebut?

Diketahui sebuah prisma segitiga memiliki volume 72 sentimeter kubik dan luas alas 6 sentimeter kuadrat. Maka, berapa tinggi yang dimiliki oleh prisma segitiga tersebut

Dalam pelajaran matematika, kamu tidak hanya berhadapan dengan angka-angka saja. Melainkan juga akan berhadapan dengan berbagai bentuk bangunan seperti halnya segitiga. Jika sudah berhadapan dengan bentuk, perintah dalam soal yang diberikan umumnya bervariasi.

Mulai dari perintah untuk mencari luas, keliling, volume, hingga tinggi. Namun tidak perlu bingung. Sebab kamu bisa mengaplikasikan cara menghitung tinggi segitiga berbagai bentuk dengan mudah yang bisa diaplikasikan ke segitiga siku-siku, sama kaki, prisma, dan lain sebagainya.