130 mL Berapa Gelas? Cara Menjawab, Perhitungan dan Contoh


Uinsuka.ac.id – Ketika melihat resep masakan, umumnya menggunakan satuan ml untuk bahan cair. Namun sayangnya beberapa orang tidak memiliki alat takar yang sesuai untuk bisa digunakan. Pahami perhitungannya agar bisa mengetahui takaran 130 ml berapa gelas dengan tepat.

Dengan begitu bisa menggunakan gelas sebagai alternatif untuk menakar bahan sesuai resep sehingga sesuai. Penggunaan bahan dalam proses pembuatan masakan, kue, dan lainnya tentu harus menggunakan takaran sesuai agar hasilnya bagus.

Kesalahan dalam menakar bahan bisa menyebabkan hasil tidak maksimal, bisa dari segi rasa maupun penampilan. Untuk itu perhitungan konversi perlu diketahui dengan baik.

Cara Mengetahui Jawaban 130 Ml Berapa Gelas

Di pasaran memang ada banyak sekali jenis gelas dengan fungsi yang berbeda. Tetapi yang paling umum digunakan untuk takaran adalah gelas belimbing dengan material kaca. Pengukuran sering dilakukan dengan menggunakan gelas belimbing karena volumenya sama untuk setiap jenis.

Baca Juga:  Cara Menghitung Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soal

Sebelum mengukur, pertanyaan berapa ml air 1 gelas? Tentu harus diketahui jawabannya terlebih dahulu. Gelas belimbing mempunyai volume sekitar 250 ml. Hal ini bisa jadi acuan untuk dapat menghitung konversi satuan ml menjadi gelas.

Informasi ini menjadi penting agar bisa menakar zat cair dengan menggunakan gelas. Untuk perhitungan 130 ml berapa gelas, perhatikan penyelesaian cara konversinya sebagai berikut.

Diketahui:

1 gelas belimbing = 250 ml

Ditanya:

Berapa takaran untuk 130 ml jika menggunakan gelas belimbing?

Jawaban:

= 130/250 = 0.52 gelas

Dari penjabaran perhitungan di atas, bisa dijawab takaran 130 ml berapa gelas belimbing adalah 0.52.

Contoh Soal

Mempelajari proses hitung 130 ml sama dengan berapa gelas dapat memudahkan kamu dalam melakukan konversi satuan volume dengan menggunakan alat sederhana. Untuk mengoptimalkan proses belajar, cobalah untuk memahami soal konversi ml ke gelas lainnya di bawah ini.

Soal 1

Bianca ingin membuat jelly dengan membaca panduan yang tertulis di belakang kemasan. Pada resep tersebut, bubuk jelly perlu dicampurkan dengan 750 ml air dalam proses pembuatannya. Berapa banyak gelas air yang dibutuhkan untuk membuat jelly, jika mengukurnya dengan gelas belimbing?

Baca Juga:  4 Cm Berapa Meter? Cara Hitung, Jawaban, Contoh Soal Lain

Diketahui:

Volume gelas belimbing yaitu 250 ml.

Pertanyaan:

Berapa gelas yang dibutuhkan untuk 750 ml air?

Jawab:

= 750/250 = 3 gelas belimbing.

Kesimpulannya, Bianca harus menambahkan 3 gelas air untuk membuat jelly.

Soal 2

Untuk dapat mengisi satu botol berukuran 1000 ml, Rahma harus menggunakan berapa gelas air? Apabila pengukuran dilakukan menggunakan gelas belimbing.

Diketahui:

Ukuran gelas belimbing = 250 ml.

Pertanyaan:

Berapa gelas belimbing untuk dapat mengisi botol dengan ukuran 1000 ml?

Jawab:

= 1000/250 = 4 gelas air.

Agar botol dapat terisi penuh, Rahma membutuhkan 4 gelas belimbing.

Walaupun terlihat sederhana, takaran 130 ml berapa gelas harus dihitung dengan baik agar tidak salah dosis. Hal ini bisa berdampak pada jumlah cairan yang ditambahkan. Misalnya untuk membuat kue, adonan akan terlalu cair jika kebanyakan air. Sehingga hasilnya kurang sesuai.

Berlaku juga untuk kebutuhan cairan lainnya sehingga perhitungan konversi perlu dipahami agar tidak merasa kesulitan dalam menakar bahan.

error: