Cara Hitung 10 mL Berapa Gram, Penjelasan, dan Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali satuan yang digunakan untuk menyatakan berbagai hal, mulai dari volume, berat, dosis cairan, dan lainnya. Tidak jarang hal tersebut menimbulkan kebingungan serta pertanyaan seperti 10 ml berapa gram.

Satuan gram dan ml yang umumnya digunakan untuk menyatakan berat bahan makanan. Namun masih banyak masyarakat yang mungkin tidak memahaminya apabila kedua satuan ini dikonversi.

Tidak memberikan takaran yang tepat bisa menyebabkan ketidaksesuaian yang bisa berdampak buruk. Untuk itu penting mengetahui bagaimana cara hitung ml ke gram.

Pengertian Gram dan Mililiter

Sebelum memahami perhitungan 10 ml berapa gram, terlebih dahulu penting untuk memahami pengertian kedua satuan tersebut. Gram biasanya sering digunakan untuk mengukur bahan makanan berbentuk padat seperti tepung, gula, garam, daging, dan lainnya.

Berbeda dengan ml yang biasanya digunakan dalam takaran bahan bersifat cair diantaranya minyak, susu, dan air. Namun terkadang resep masakan ada yang mencantumkan takaran yang tidak sesuai dengan jenisnya.

Baca Juga:  25 Kg Berapa Hg? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soal

Misalnya gram yang umumnya digunakan untuk bahan padat justru didefinisikan sebagai satuan susu, dan lainnya. Hal ini bisa saja menjadi masalah apabila tidak memahami cara konversi yang tepat.

Cara Menghitung 10 Ml Berapa Gram

Pertanyaan tentang 1 ml apakah sama dengan 1 gram? sering sekali diajukan. Dalam korelasinya, ml dan gram memiliki keterkaitan dengan massa jenis benda yang akan dihitung. Setiap zat padat maupun cair tentu akan memiliki massa jenis yang berbeda-beda.

Meskipun diketahui jumlah volumenya saja, namun bisa saja berbeda pada setiap jenis zat karena adanya perbedaan massa jenis. Perhitungan konversi ml ke gram dapat mengacu pada rumus di bawah ini.

Massa = Massa Jenis x Volume

Sehingga untuk perhitungan 10 ml sama dengan berapa gram bisa diketahui jawabannya apabila sudah diketahui jenis zat yang ingin dikonversi. Misalnya adalah madu dengan massa jenis 1.36 g/ml. Maka perhitungannya menjadi seperti berikut ini.

Diketahui:

  • 10 ml madu
  • Massa jenisnya 1.36 g/ml

Ditanya:

Konversikan ke dalam gram?

Baca Juga:  1 Jam Berapa Menit? Cara Menghitung dan Konversi Waktu

Jawab:

massa = massa jenis x volume = 1.36 g/ml x 10 ml = 13.6 gram

Contoh Soal dan Pembahasan

Jika hanya dari pembahasan, beberapa orang mungkin masih merasa bingung dengan cara konversi satuan zat. Agar bisa lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh soal dan pembahasannya sebagai berikut.

Tentukan berapa gram dari 70 ml minyak. Diketahui massa jenis minyak adalah 0.933 g/ml

Diketahui:

  • 70 ml minyak
  • Massa jenisnya 0.933 g/ml

Ditanya:

Hitung menjadi gram!

Jawab:

massa = massa jenis x volume = 0.933 g/ml x 70 ml = 65.31 gram

Cara menghitungnya tidaklah sulit, hanya perlu memperhatikan rumus yang sudah dijabarkan. Hasil perhitungan 10 ml berapa gram bisa saja berbeda untuk setiap zat karena massa jenis yang tidak sama. Sebelum melakukan konversi dari ml ke gram, ketahui terlebih dahulu massa jenis dari zat tersebut.