2,5 Cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Satuan Metrik Panjang


Uinsuka.ac.id – Apakah kamu pernah mendapatkan pertanyaan 2,5 cm berapa meter dan kesulitan untuk menjawabnya? Satuan ukuran panjang yang sering digunakan adalah meter. Tapi kadang juga benda-benda diukur dalam satuan yang lebih kecil yaitu sentimeter (cm).

Seringkali ukuran dalam sentimeter harus diubah menjadi satuan meter. Bagaimanakah cara menghitung sentimeter menjadi meter? Mengubah sentimeter menjadi meter sebenarnya tidak sulit, tinggal dikonversikan saja.

Konversi Satuan Metrik Panjang Cm Menjadi Meter

Satuan metrik panjang yang digunakan adalah meter dan ini berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, ukuran panjang kain, pipa, besi dan lain-lain. Masalahnya, terkadang ada beberapa benda yang dihitung dalam satuan yang lebih kecil, yaitu sentimeter (cm).

Untuk mengetahui berapa nilai angka dari sentimeter (cm) menjadi meter (m), maka hal yang harus dilakukan adalah mengkonversinya. Rumus konversi ukuran panjang dari sentimeter menjadi meter telah disepakati secara internasional.

Baca Juga:  0,6 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Satuan Panjang

Nah, untuk mengubah satuan benda dalam sentimeter (cm) ke dalam bentuk satuan meter (m) yaitu dengan dikalikan 100. Bagilah jumlah satuan dalam sentimeter (cm) dengan angka 100 untuk mengkonversinya menjadi satuan meter (m).

2,5 Cm Berapa Meter?

Jadi benda dengan ukuran 2,5 cm sama dengan berapa meter? Mengacu pada teori yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa konversi dari sentimeter (cm) ke satuan meter (m) yaitu dengan membaginya 100.

Sehingga 2,5 cm jika dinyatakan dalam satuan meter harus dikonversi lebih dulu dengan pembagi angka 100, yaitu:

2,5 = 2,5/ 100 (meter) = 0,025 meter

Setelah dilakukan perhitungan melalui rumus konversi satuan metrik panjang, maka didapatkan hasil bahwa 2,5 cm sama dengan 0.025 meter. Rumus konversi tersebut berlaku untuk angka berapa saja, selama satuannya cm dan diubah menjadi meter maka caranya sama.

Misalnya, kamu memiliki pita sepanjang 750 cm, berapa panjangnya dalam satuan meter? Maka, perhitungannya adalah 750 cm = 750/100 (meter), jawabannya 7,5 meter.

Konversi Satuan Metrik Panjang Lainnya

Satuan panjang yang berlaku di dunia bukan hanya sentimeter dan meter saja, tetapi masih ada yang lainnya. Pertanyaan 2,5 cm berapa meter bisa dijawab dengan mudah kalau tahu satuan metrik panjang yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  5 cc Berapa mL? Ini Cara Menghitung dan Contohnya

Satuan metrik panjang lainnya yang sering digunakan yaitu:

1. Sentimeter (cm) ke Kilometer (km)

Satuan yang digunakan untuk mengukur jarak pada umumnya adalah kilometer (km). Apakah satuan cm bisa diubah dalam satuan km? Tentu saja bisa, yaitu bagi dengan 100.000. Contohnya, jarak dari kota A ke kota B adalah 500.000 cm, berapakah jaraknya dalam kilometer?

Caranya yaitu 500.000/ 100.000 dan hasilnya adalah 5 km.

2. Sentimeter (cm) ke Inci (in)

Untuk mengubah sentimeter menjadi inci, maka angka harus dibagi dengan 2,54. Contohnya, panjang HP kamu 10 cm, maka dalam inci menjadi berapa? Jawabannya 10/ 2,54 (in) dan hasilnya adalah 3,94 inci.

Tidak sulit menghitung 2,5 cm berapa meter karena ada konversi satuan metrik panjang yang sudah digunakan di seluruh dunia. Untuk mengubah panjang benda dari sentimeter (cm) ke bentuk meter (m) tinggal dibagi 100 saja.

error: