1 mL Berapa Cm3? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya


Uinsuka.ac.id – Mililiter dan sentimeter kubik sudah menjadi satuan pengukuran volume yang kerap digunakan di kehidupan sehari-hari. Ml untuk menghitung volume cairan, sedangkan cm3 untuk menghitung volume benda padat. Lalu, dalam setiap 1 ml berapa cm3?

Dalam sistem metrik, 1 mililiter memiliki nilai yang sebanding dengan 1 sentimeter kubik.  Perhitungannya bisa dilakukan menggunakan kalkulator konversi melalui online. Namun jika ingin mengetahui faktor konversi, perhitungan dan contohnya maka simak artikel di bawah ini.

Memahami Konversi Ml ke Cm3

Sudah disebutkan bahwa mililiter merupakan satuan pengukuran volume dalam sistem metrik. Satu mililiter suatu volume memiliki nilai yang setara dengan 0,001 liter atau 1 cm3. Biasanya digunakan dalam perhitungan volume cairan seperti minyak, air, susu dan masih banyak lagi.

Sementara itu, sentimeter kubik (cm3) biasanya digunakan khusus untuk perhitungan volume benda padat. Untuk 1 sentimeter kubik sebanding dengan volume kubus yang mempunyai panjang sisi 1 cm.

Baca Juga:  1,4 Kg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Namun, kita masih bisa menghubungkan kedua satuan tersebut dengan sifat fisik yang dimiliki benda cair. Selain ml dan cm3, masih banyak satuan volume lainnya seperti galon, liter, kubik meter, dan lainnya.

1 Ml Berapa Cm3?

Untuk mengkonversi mililiter ke sentimeter kubik, tentu penting untuk memahami faktor konversi. Adapun faktor konversi yang digunakan yaitu 1 mililiter setara dengan 1 sentimeter kubik.

Namun dalam pengukuran panjang, 1 cm3 memiliki nilai yang sebanding dengan 1 sentimeter. Jika ingin mengetahui 1 ml berapa cm3, kamu bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Volume Cm3 = Volume Mililiter (ml) : 1 

Perlu diketahui, 1 merupakan konstanta yang penting diingat dalam melakukan konversi ini.  Sedangkan perhitunganya untuk perhitungannya secara sederhana yaitu 1 cm3 : 1 = 1

Contoh Konversi Mililiter ke Sentimeter Kubik

Supaya lebih memahami materi ini, selanjutnya akan diberikan contoh konversi dari mililiter ke sentimeter kubik. Berikut adalah beberapa contoh perhitungannya yang cukup sederhana dan mudah:

Soal 1

Rosa memiliki sebuah gelas air yang memiliki kapasitas mencapai 50 mililiter. Berapa volume air tersebut dalam satuan sentimeter kubik?

Baca Juga:  8 Km Berapa Meter? Konsep, Cara Hitung, dan Contoh Soal

Jawab:

Diketahui: 1 mililiter setara dengan 1 cm3

Volume Cm3=  Volume mililiter : 1

=  50 mililiter : 1

= 50 cm3

Jadi, 50 mililiter air dalam gelas tersebut setara dengan 50 sentimeter kubik (cm3).

Soal 2

Sebuah botol minyak goreng memiliki kapasitas mencapai 25 mililiter. Berapa volume minyak goreng dalam satuan cm3?

Jawab

Diketahui: 1 mililiter sebanding dengan 1 cm3

Volume cm = Volume mililiter (ml) : 1

= 25 mililiter : 1

= 25 cm3

Jadi, 25 mililiter minyak goreng dalam botol tersebut sebanding dengan 25 sentimeter kubik (cm3).

Mengkonversi 1 ml berapa cm3 pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah. Secara umum digunakan dalam pengukuran suatu volume cairan untuk satuan berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa cm3 yang diperlukan untuk volume tertentu dalam ml.

error: