KPK dari 20 dan 28 Adalah Berapa? Ini Cara Hitungnya


Uinsuka.ac.id – Dalam pembahasan kali ini, akan mengupas tuntas pertanyaan “KPK dari 20 dan 28 adalah” yang beredar luas di internet. Namun, sebelum membahas cara penyelesaiannya, perlu diketahui bahwa KPK merupakan penggabungan faktor prima dengan pangkat tertinggi dari kedua bilangan.

Sehingga, setiap bilangan akan habis dibagi oleh KPK tersebut. KPK dari dua atau lebih bilangan adalah hasil perkalian dari faktor-faktor prima tertinggi yang muncul dalam faktorisasi prima masing-masing bilangan. Selain itu, KPK ini sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Misalnya, dalam hal perencanaan jadwal, ketika kamu perlu menentukan waktu atau periode yang sama untuk beberapa kejadian yang memiliki interval yang berbeda-beda. Dalam kehidupan sehari-hari, KPK juga dapat muncul dalam manajemen inventaris, perhitungan waktu, atau bahkan dalam dunia ekonomi.

Apa itu KPK?

KPK (Kebagi Kelipatan Persekutuan) sering digunakan dalam berbagai konteks matematika, seperti penyelesaian persamaan pecahan, perhitungan waktu, dan lainnya. Dalam situasi di mana kamu memiliki dua atau lebih bilangan dan ingin menemukan kelipatan terkecilnya, maka KPK digunakan.

Baca Juga:  6 Kg Berapa Gram? Cara Konversi dan Contoh Penggunaannya

Untuk memahami KPK, maka cukup mencari faktorisasi prima dari setiap bilangan yang terlibat. Faktorisasi prima adalah cara untuk menyusun suatu bilangan menjadi perkalian dari bilangan prima. Setelah itu, kita mengumpulkan faktor-faktor prima dengan pangkat tertinggi dari masing-masing bilangan.

Contoh sederhana dapat memberikan gambaran lebih jelas. Misalkan kamu ingin mencari KPK dari 12 dan 18. Faktorisasi prima dari 12 adalah 22 × 3 dan dari 18 adalah 2 × 32. Untuk menentukan KPK, harus mengambil faktor prima dengan pangkat tertinggi, yaitu 22 × 32. Jadi, hasil akhir dari KPKnya adalah 36.

KPK dari 20 dan 28 Adalah

KPK adalah konsep matematika yang mencakup kelipatan bersama dari dua atau lebih bilangan. Untuk memahami KPK dari 20 dan 28, maka perlu mencari kelipatan persekutuan terkecil dari keduanya. Berikut cara menghitungnya:

1. Cara Menghitungnya

  • Pertama-tama, kamu perlu mencari faktorisasi prima dari kedua bilangan.
  • Faktorisasi prima dari 20 adalah 22 x 5 = 20. Jadi, kpk dari 20 adalah bilangan itu sendiri.
  • Sementara itu, faktor prima dari 28 adalah 22 x 7 = 28.
  • Untuk menentukan KPK, harus mengambil faktor-faktor prima dengan pangkat tertinggi dari masing-masing bilangan.
  • Maka, KPK dari 20 dan 28 adalah 22 x 5 x 7.
  • Jika dijumlahkan, maka akan menghasilkan angka 140.
Baca Juga:  1 Gram Berapa Kg? Cara Konversi, Hitung, dan Contoh Soal

2. Contoh Lain

  • Tentukan KPK dari 12 dan 18.
  • Faktorisasi prima dari 12 = 2 x 2 x 3, dan faktorisasi prima dari 18 = 2 x 3 x 3.
  • KPK(12, 18) = 22 x 32 = 36
  • Jadi, KPK dari 12 dan 18 adalah 36.

Jadi, KPK dari 20 dan 28 adalah hasil dari mengambil faktor-faktor prima dengan pangkat tertinggi dari kedua bilangan, yaitu 22 x 5 x 7 = 140. Pemahaman konsep ini memiliki aplikasi yang luas dalam matematika dan kehidupan sehari-hari.

error: