1,2 Ons Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Saat membeli bahan makanan atau memasak, seringkali kamu akan menemui satuan ons dalam mengukur berat. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya, “1,2 ons berapa gram?”.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konversi ons ke gram serta pemanfaatan satuan ons dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan mempelajari cara menghitung berat dalam gram ketika diberikan dalam ons, serta mengenal satuan ons di beberapa negara yang memiliki nilai yang berbeda.

Pengertian Ons di Indonesia

Ons adalah satuan ukuran berat yang lumrah dipakai di Indonesia. Satu ons setara dengan 100 gram.

Namun, untuk melakukan konversi ke satuan ukuran berat lainnya, seperti kilogram atau pound, perlu memperhatikan faktor konversi yang berbeda. Misalnya, satu ons setara dengan 0,1 kilogram atau sekitar 0,35274 pound.

1,2 Ons Berapa Gram?

Mari kita jawab pertanyaan yang muncul, “1,2 ons berapa gram?” Dalam konversi ons ke gram, satu ons setara dengan 100 gram.

Baca Juga:  25 mm berapa Cm? Cara Menghitung, Contoh Soal, Konsep

1,2 × 100 gram = 120 gram

Jadi, 1,2 ons =…gram sama dengan 120 gram.

Contoh Soal Ons ke Gram

Berikut adalah sepuluh contoh soal konversi ons ke gram, termasuk soal cerita dan problem solving. Kamu dapat mencoba menjawabnya terlebih dahulu sebelum melihat jawabannya. Ingatlah bahwa 1 ons setara dengan 100 gram.

  1. Sebuah kue beratnya 2,5 ons. Berapa gram berat kue tersebut?
  2. Andi membeli 3,8 ons beras. Berapa gram beras yang dibeli Andi?
  3. Dalam sebuah resep, dibutuhkan 0,7 ons garam. Berapa gram garam yang diperlukan?
  4. Budi memiliki sebuah buku yang beratnya 0,9 ons. Berapa gram berat buku itu?
  5. Dalam sebuah paket makanan, terdapat 1,3 ons keripik. Berapa gram keripik dalam paket tersebut?

Jawaban:

  1. Berat kue tersebut adalah 250 gram.
  2. Berat beras yang dibeli Andi adalah 380 gram.
  3. Garam yang diperlukan sejumlah 70 gram.
  4. Berat buku tersebut adalah 90 gram.
  5. Keripik dalam paket tersebut berjumlah 130 gram.

Mengenal Satuan Ons di Beberapa Negara yang Berbeda-beda Nilainya

Meskipun satuan ons sering dipakai di sini, nilainya dapat bervariasi di berbagai negara. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, satu ons setara dengan 28,35 gram. Di negara-negara yang menggunakan sistem metrik, seperti Prancis, satu ons setara dengan 30 gram.

Baca Juga:  10 Cm Berapa Meter? Ini Cara Hitung dan Konversi Satuannya

Penting untuk diingat bahwa ketika berinteraksi dengan orang dari negara lain, perbedaan nilai satuan ons dapat menyebabkan kebingungan. Jadi, wajib untuk mengetahui perbedaan itu dalam konteks yang relevan.

Dalam artikel ini, kamu telah mempelajari cara mengonversi ons ke gram. Jawaban untuk pertanyaan “1,2 ons berapa gram?” adalah 120 gram.

Contoh soal konversi ons ke gram memberikan kamu latihan yang berguna dalam menguasai konsep ini. Satuan ons memiliki pemanfaatan yang luas di Indonesia, terutama dalam hal berat makanan dan bahan makanan.

error: