3 Pangkat Min 1 Berapa? Rumus, Cara Hitung dan Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – 3 pangkat min 1 berapa? Pertanyaan ini tentu akan sangat sulit bagi yang tidak paham dengan bentuk akar dan perpangkatan. Pangkat bilangan sendiri merupakan perkalian secara berulang dari suatu bilangan.

Namun untuk bilangan dengan pangkat negatif atau minus memiliki perhitungan lebih rumit. Nah, jika sudah penasaran terkait jawabannya, sebaiknya langsung saja simak pembahasan selengkapnya.

Memahami Sifat Perpangkatan

Pangkat bilangan dalam matematika dapat diartikan sebagai perkalian berulang dari suatu bilangan. Pangkat dari bilangan ini bisa dalam bentuk bulat negatif, bulat positif, ataupun nol. Banyak sekali sifat perpangkatan yang perlu dipahami untuk memudahkan perhitungan, yaitu:

  • Pangkat 0: Suatu bilangan berpangkat 0 memiliki nilai yang sama dengan 1.
  • Pangkat 1: Suatu bilangan berpangkat 1 memiliki nilai yang sama seperti bilangan itu sendiri.
  • Pangkat negatif: Suatu bilangan berpangkat negatif harus diubah dalam bentuk pecahan terlebih dahulu.
  • Pangkat dengan bilangan pecahan. Perpangkatan menggunakan bilangan pecahan maka harus mengubah pangkatnya menjadi akar pangkat.
Baca Juga:  7 Meter Berapa cm? Jawaban dan Pembahasannya Lengkap

3 Pangkat Min 1 Berapa?

Setelah memahami sifat perpangkatan, kamu bisa mudah dalam melakukan perhitungan persamaan. Jika untuk pangkat negatif berarti bilangannya harus diubah menjadi pecahan terlebih dahulu. Selain itu, pangkat negatif bisa dipindahkan hingga menjadi pangkat yang positif.

Lalu sebenarnya 3 pangkat min 1 berapa? 3 pangkat angka minus berapapun menghasilkan bilangan pecahan dengan nilai kecil lebih dari 1. Adapun untuk rumusnya yang bisa dijadikan patokan adalah sebagai berikut:

a pangkat – b = 1/a pangkat b

Berdasarkan rumus tersebut, maka 3 pangkat min 1 satu dapat dituliskan seperti berikut 1/3 pangkat -1. Pangkat angka -1 tersebut bisa dipindahkan ke bawah sehingga berubah menjadi positif. Sehingga untuk perhitungannya kurang lebih seperti ini 1/3 pangkat 1 = 1/3.

Contoh Soal Perpangkatan Negatif

Perpangkatan sudah menjadi operasi matematika untuk mengalikan bilangan sebanyak n kali, dimana n adalah bilangan positif. Operasi perpangkatan ini menghasilkan pangkat atau yang disebut eksponen. Agar makin jelas, berikut ini akan dibagikan perpangkatan bilangan negatif.

1. Contoh Soal 1

Silahkan hitung nilai dari angka 2 pangkat -3?

Baca Juga:  8 Cara Menghitung Akar Pangkat 3 dan Contoh Soal

Cara menghitungnya yang sederhana yaitu seperti berikut ini:

(2 pangkat -3)

= 1/2 pangkat 3

= 1/8

2. Contoh Soal 2

Hitunglah nilai dari 5 pangkat -2?

Perhitungannya dengan menggunakan sifat perpangkatan adalah seperti di bawah ini:

5 pangkat -2

= 1/5 pangkat 2

= 1/25

3. Contoh Soal 3

Hitunglah nilai dari 10 pangkat -3?

Dalam hal ini masih menerapkan cara yang sama dengan yang sebelumnya sehingga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengubah bentuk pangkat negatif menjadi pangkat yang positif terlebih dahulu.

10 pangkat -3

=1/10 pangkat 3

= 1/1000

= 0,001

Pembahasan di atas sudah mampu menjawab pertanyaan 3 pangkat min 1 berapa. Perhitungannya dilakukan dengan mengubah bilangan berpangkat negatif menjadi positif terlebih dahulu. Hasil akhir dari perhitungannya adalah 3/(3 pangkat 1) yang berarti 1/3.

error: