90 Menit Berapa Jam? Cara Hitung Konversi Satuan Waktu

Uinsuka.ac.id – Waktu adalah aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, dan seringkali kita dihadapkan pada kebutuhan untuk mengonversi antar satuan waktu. Salah satu pertanyaan umum yang mungkin muncul adalah 90 menit berapa jam? Pastinya pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh banyak orang.

Pemahaman konsep dasar konversi waktu dapat mempermudah kamu dalam mengelola jadwal, menghitung durasi kegiatan, atau bahkan merencanakan perjalanan. Kemampuan untuk dengan cepat mengonversi waktu dari menit ke jam atau sebaliknya.

Dengan menggunakan rumus dasar, seperti dalam contoh 90 menit setara dengan berapa jam, kamu dapat dengan mudah mengaplikasikan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, simak ulasan berikut:

Mengenal Satuan Waktu

Satuan waktu adalah sistem pengukuran yang digunakan untuk mengukur periode atau durasi suatu kejadian atau peristiwa. Beberapa satuan waktu umum yang digunakan melibatkan unit seperti detik, menit, jam, hari, bulan, dan tahun. Berikut adalah beberapa satuan waktu yang umum:

  • Detik (s). Satuan waktu yang paling kecil dalam sistem internasional. Satu menit setara dengan 60 detik.
  • Menit (min). Satuan waktu yang setara dengan 60 detik atau 1/60 jam.
  • Jam (h). Satuan waktu dasar yang setara dengan 60 menit atau 3600 detik.
  • Hari (d). Satuan waktu yang setara dengan 24 jam atau 1440 menit.
  • Satuan waktu yang digunakan dalam kalender. Berbeda-beda, tetapi biasanya berkisar antara 28 hingga 31 hari.
  • Tahun (th). Satuan waktu yang setara dengan 365 atau 366 hari, tergantung pada apakah itu adalah tahun kabisat atau tidak.
Baca Juga:  10 Menit Berapa Detik? Cara Menghitung dan Contoh Soal

90 Menit Berapa Jam?

Usai memahami pengetahuan dasar mengenai satuan waktu di atas, kamu selanjutnya bisa memahami jawaban dari pertanyaan 90 menit sama dengan berapa jam. Pemahaman tentang satuan waktu sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti penjadwalan, perencanaan, dan pemantauan waktu.

Dalam sistem waktu, 1 jam setara dengan 60 menit. Oleh karena itu, untuk mengonversi menit ke jam, kamu dapat menggunakan rumus jumlah menit dibagi dengan 60. Simak tahapannya berikut:

Silakan gunakan rumus dengan membagi menit dengan 60.

90/60 = 1,5 jam.

Pertanyaan mengenai 90 menit berapa jam telah mempunyai jawaban yaitu setara dengan 1,5 jam. Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu dapat mengerjakan soal lainnya yang serupa. Silakan simak contoh soal dan pembahasan berikut:

Contoh Soal dan Pembahasan

Johan mempunyai kelas kuliah online yang berlangsung selama 120 menit. Berapakah lama kegiatan kelas kuliah online Johan jika dihitung dalam jam?

Simak cara menjawabnya berikut:

120/60 = 2 jam.

Jadi, kelas online Johan berlangsung selama 2 jam.

Baca Juga:  Cara Menghitung 20 OZ Berapa mL dan Contoh Soalnya

Penjabaran mengenai pertanyaan 90 menit berapa jam telah dijelaskan secara lengkap melalui ulasan di atas. Dengan memahami penjelasan di atas, kamu tidak akan kesulitan lagi dalam menghitung waktu dari menit ke jam.