12 Meter Berapa Cm? Cara Cepat Hitung dan Soal Lainnya


Uinsuka.ac.id – Materi mengenai tangga satuan ukuran bakal kamu dapatkan di bangku Sekolah Dasar (SD). Dalam materi tersebut, siswa akan mempelajari cara menghitung 12 meter berapa cm dan konversi-konversi dari satu satuan ke satuan lainnya.

Umumnya, buku matematika yang didapatkan di sekolah akan menjelaskan satuan-satuan tersebut dalam anak tangga maupun tabel. Dengan begitu, siswa diharap bisa lebih mudah untuk memahami dan mengaplikasikannya dalam soal-soal yang ditanyakan.

Cara Cepat Hitung 12 Meter Berapa Cm

Konversi satuan dari meter ke sentimeter, tentu sudah sering dilakukan karena banyak muncul dalam soal latihan maupun ujian. Tapi tahukah kamu, bahwa ada cara cepat untuk menghitung soal-soal tersebut. Perhatikan beberapa poin di bawah ini.

Baca Juga:  12 Km Berapa Meter? Ini Cara Menghitung & Konsep Konversinya

1. Meter ke Cm Selisih Berapa Tangga?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghitung soal 12 meter berapa sentimeter adalah dengan menjawab selisih meter ke cm. Berdasarkan tangga meteran dalam matematika, meter ke cm turun dua anak tangga. Jadi, kamu bisa menggunakan tanda perkalian untuk menghitungnya.

2. 12 Meter Berapa cm?

Setelah mengetahui selisih kedua satuan tersebut, kini kamu bisa melakukan perhitungan sesuai dengan rumus yang berlaku. Apabila mencari nilai dari satuan terbesar ke terkecil berarti dikali 10 tiap turun satu tangga. Sebaliknya, dari satuan kecil ke besar berarti dibagi 10 tiap naik satu tangga.

  • 12 m berapa cm?
  • 12 m = 12 x 100 cm sama dengan 1.200 cm

Soal-Soal Latihan

Apabila mengerjakan soal sebelumnya dirasa masih terlalu sulit, berarti kamu perlu berlatih mengerjakan soal sebanyak mungkin. Soal-soal tersebut bisa didapatkan dari buku pelajaran Matematika, tugas dari guru, atau beberapa soal latihan di bawah ini.

1. 12 Mm Berapa Cm

Untuk menghitung milimeter ke sentimeter, hanya diperlukan naik satu tangga. Sebab, milimeter berada di tangga paling bawah dan sentimeter berada tepat di atasnya. Jadi, tanda hitung yang bisa digunakan adalah pembagian atau dibagi dengan angka 10.

  • 12 mm berapa cm?
  • 12 mm = 12 : 10 cm sama dengan 1,2 cm
Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Mengukur dan Dosis Takaran Obat

2. 1000 Cm Berapa Meter

Apabila mengacu pada anak tangga meteran, sentimeter berada di tangga kedua terbawah dan meter berada di tangga paling tengah. Keduanya selisih dua anak tangga. Jadi untuk menghitung sentimeter ke meter, kamu bisa membaginya dengan 100.

  • 1000 cm berapa m?
  • 1000 cm = 1.000 : 100 m = 10 meter

3. 12 Meter Berapa Km

Selain meter dan sentimeter, dalam soal matematika juga akan ditemui satuan kilometer (km). Satuan tersebut letaknya paling tinggi dalam tangga meteran. Maka untuk mengubah angka dari meter ke kilometer diperlukan untuk membaginya dengan 1000, karena naik tiga tangga.

  • 12 meter berapa km?
  • 12 meter = 12 : 1.000 km = 0,012 km

4. 21 Meter Berapa Cm

Jika sentimeter ke meter mengharuskan kamu menggunakan tanda pembagian, perhitungan meter ke sentimeter menggunakan tanda perkalian. Sesuai dengan tangga meteran, kedua satuan tersebut turun dua tangga, jadi dikali dengan 100.

  • 21 meter berapa cm?
  • 21 meter = 21 x 100 cm= 2.100 cm
Baca Juga:  0,6 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Satuan Panjang

Konversi soal matematika tentang meter ke sentimeter, bisa dilakukan dengan mengalikannya 100. Mengingat, kedua satuan tersebut memiliki selisih dua tangga. Jadi, perhitungan 12 meter berapa cm adalah 12 x 100 sama dengan 1.200 cm.

error: