200 Gram Berapa Kg? Rumus dan Cara Hitung Cepat


Uinsuka.ac.id – 200 gram berapa kg? Ini mungkin jadi salah satu pertanyaan paling umum yang pernah atau bahkan sering kamu dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bisa juga pertanyaan sejenis lain seperti 1 kg berapa gram, dan sebagainya. Satuan gram dan kilogram memang termasuk paling familiar di masyarakat.

Keduanya kerap dipakai pada timbangan sembako. Misalnya saja saat kamu sedang belanja beras atau telur, biasanya pedagang akan menggunakan satuan kilogram. Sedangkan untuk perhiasan emas murni, pihak toko akan menggunakan satuan gram. Lantas, bagaimana cara hitung gram ke kg atau sebaliknya?

Tentang Satuan Berat

Kilogram atau biasa disingkat “kg” termasuk salah satu satuan berat standar yang telah dipatenkan dalam Sistem Internasiona (SI). Artinya, satuan kilogram berlaku di berbagai negara di seluruh dunia. Begitu pula dengan turunan dari satuan kilogram, seperti gram, miligram, dan sebagainya.

Baca Juga:  8 Meter Berapa Cm? Ini Cara Hitung Praktis dan Konversinya

Nah, agar kamu dapat menemukan jawaban yang tepat, maka sebelumnya kamu perlu tahu dan paham tentang satuan berat beserta turunannya.

Kilogram tadi menempati posisi paling atas pada tangga satuan berat. Tangga ini berjumlah 7 buah. Jika diurutkan dari paling atas ke bawah adalah sebagai berikut:

  • Kilogram (kg)
  • Hektogram (hg)
  • Dekagram (dag)
  • Gram (g)
  • Desigram (dg)
  • Centigram (cg)
  • Miligram (mg)

Sebagai informasi tambahan, khusus untuk satuan berat hektogram punya nama lain yakni yang justru lebih populer dari nama aslinya, yaitu “ons”. Istilah ini berasal dari Ounce, yang kalau di Indonesia justru jauh lebih familiar kalau dibanding hektogram.

Konversi Gram ke Kilogram dan Sebaliknya

Agar kamu bisa mendapatkan jawaban dari 200 gram berapa kg, kamu perlu konversi dulu satuan gram ke kilo alias disamakan satuannya. Kalau kamu perhatikan daftar satuan berat di atas, gram menempati posisi ke-4 atau 3 tingkat di bawah kilogram.

Karena berada 3 tingkat di bawah, maka rumusnya adalah bagi dengan 1000. Jadi setiap turun 1 tingkat, bagi dengan 10, kalau 2 tingkat bagi 100, dan seterusnya. Kalau dibalik atau naik satu tingkat, maka dikali dengan 10, naik 2 tingkat dikali 100, dan seterusnya.

Baca Juga:  5 Persen dari 2 Juta Adalah Berapa? Ini Rumus dan Cara Hitung

Jawaban 200 Gram Berapa Kg

Berdasarkan rumus konversi di atas, maka 200 gram ada berapa kilogram bisa ditulis secara sistematis seperti berikut ini:

200 gram = …. Kg

200 gram = 200 : 1.000

200 gram = 0,2 kg

Contoh Lain

1. Soal 1

Sekarang kalau dibalik dari kg ke gram, maka rumusnya adalah dikali. Contohnya, 1 kg berapa gram? Maka penulisan matematisnya akan seperti ini:

1 kg = …. gram

1 kg = 1 x 10

1 kg = 10 gram

2. Soal 2

Bukan hanya dari gram ke kilo atau sebaliknya, tapi kamu bisa juga mengubah ke satuan berat lain. Misal, 200 gram berapa ons? Berdasarkan tangga satuan berat di atas tadi, ons alias hektogram berada dua tingkat di atas gram, maka rumusnya adalah bagi dengan 100. Maka bisa ditulis seperti ini:

200 gram = …. ons

200 gram = 200 gram : 100

200 gram = 2 ons

Jawaban dari 200 gram berapa kg adalah 0,2 dengan rumus dibagi 1.000. Sedangkan untuk mengubah dari kg ke gram dikali dengan 10 atau kelipatannya.

error: