3 Cara Menghitung Harga Rolling Door Terbaru 2024

Uinsuka.ac.id Rolling door sering digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah, industri, maupun jenis bangunan lainnya. Sebab, rolling door memiliki berbagai kelebihan seperti anti rayap, tahan lama, dan perawatannya mudah. Untuk itu, ketahui bagaimana cara menghitung harga rolling door yang benar.

Umumnya, rolling door digunakan sebagai pintu garasi, gudang penyimpanan, maupun toko tertentu. Sebab, jenis pintu yang satu ini dapat dibuka dengan mudah namun mampu memberikan perlindungan yang lebih tinggi terhadap suatu bangunan.

Alasan mengapa harga rolling door harus dihitung dengan cara yang tepat adalah agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal maupun di luar perkiraan. Dengan begitu, biaya pembangunan rumah ini bisa lebih hemat meski kualitas yang akan didapatkan tidak berkurang sedikitpun.

Harga Rolling Door Terbaru di Indonesia

Sebelum memahami tentang cara menghitung harga rolling door per meter, tentu kamu harus mengetahui tentang harganya yang paling terbaru terlebih dahulu. Pasalnya, harga rolling door di Indonesia selalu berubah dan disesuaikan dengan kualitas dari material itu sendiri.

Mulai dari ukuran pintu, bahan yang digunakan, biaya material, hingga biaya pemasangan harus diperhatikan ketika hendak membeli dan menggunakan jenis pintu ini. Untuk mengetahui berapa harga rolling door terbaru yang dijual di Indonesia, berikut kami sampaikan rincian lengkapnya:

  • Rolling door galvalum 0,3 mm: Rp320.000,-
  • Rolling door galvalum 0,4 mm: Rp350.000,-
  • Rolling door besi 0,3 mm: Rp250.000,-
  • Rolling door besi 0,4 mm: Rp270.000,-
  • Rolling door one sheet solid: Rp550.000,-
  • Rolling door one sheet tipe semi perforated: Rp600.000,-
  • Rolling door one sheet tipe full perforated 75 cm: Rp625.000,-
  • Rolling door one sheet tipe full perforated 1 m: Rp650.000,-
  • Rolling door aluminium 0,3 mm: Rp390.000,-
  • Rolling door aluminium 0,4 mm: Rp550.000,-
Baca Juga:  2 Cara Menghitung BEP Produksi, BEP Harga 2024

Cara Menghitung Harga Rolling Door dengan Tepat

Karena harga rolling door berbeda dengan harga jenis pintu lainnya, jadi kamu perlu mengetahui cara menghitungnya dengan tepat. Berapapun ukuran rolling door yang hendak kamu beli, cara menghitungnya bisa dilakukan dengan rumus yang sama, yaitu:

  • L x T + Lebar sled pada bagian kiri dan kanan

Biasanya, sebelum menghitung harga rolling door seseorang akan menentukan ukuran pintu yang hendak dibelinya terlebih dahulu. Selain itu, bahan yang digunakan untuk proses pembuatan pintu tersebut juga harus diperhatikan dengan baik, agar pintu itu bisa memenuhi kebutuhanmu.

Setiap produk rolling door memiliki ketebalan plat yang berbeda, sehingga tidak mengherankan jika harganya dapat dibedakan menurut ketebalan plat tersebut. Untuk memahami hal ini secara lebih mudah, simak beberapa contoh perhitungannya di bagian bawah ini!

Contoh Perhitungan Harga Rolling Door Terbaru

Untuk memahami cara menghitung harga rolling door per m2 secara lebih jelas lagi, kami juga akan membagikan contoh-contoh perhitungannya secara lengkap. Berikut adalah beberapa contoh perhitungan harga rolling door yang paling terbaru:

1. Harga Rolling Door 2 m x 2 m

Salah satu ukuran rolling door yang sering dipilih oleh beberapa masyarakat Indonesia adalah 2 m x 2 m. Jenis pintu ini memiliki lebar sled 20 cm dengan sisi kiri berukuran 10 cm dan sisi kanan 10 cm. Nantinya, ukuran tinggi dari rolling door ini bisa dihitung dengan ditambah 40 cm dan menjadi:

  • 2 m + 40 cm = 2,4 m

Sedangkan untuk kebutuhan lebar dari rolling door tersebut bisa dihitung dengan menggunakan cara di bawah ini:

  • 2 m + 20 cm = 2,2 m

Setelah mengetahui ukuran tinggi dan kebutuhan lebar dari rolling door ini, maka sekarang kamu bisa menghitung kebutuhan tinggi dan lebarnya sekaligus, yaitu dengan cara:

  • 2,4 m x 2,2 m = 5,28 m2

Jika harga rolling door/m2 yang ada di pasaran adalah Rp350.000,-, maka harga dari rolling door yang dibutuhkan adalah:

  • 5,28 x 350.000 = 1.848.000

Sampai di sini kita bisa mengetahui berapa harga rolling door 2 m x 2 m dengan kebutuhan tinggi dan lebar yang sebesar 5,28 meter persegi, yaitu Rp1.848.000,-.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Current Ratio, Rumus, Contoh

2. Harga Rolling Door 3 m

Selain rolling door 2 m x 2 m, orang-orang di Indonesia juga sering membeli dan menggunakan jenis pintu ini yang berukuran 3 meter. Jenis rolling door yang satu ini tidak hanya memiliki bentuk yang lebih besar, tapi juga tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Lebar dan tinggi dari pintu ini adalah 3 meter dan bisa ditambah lebar hingga sebesar 20 cm, untuk dibagi ke sisi kiri yang berukuran 10 cm dan sisi kanan juga 10 cm. Jika tinggi dari pintu ini ditambah 30 cm, maka perhitungannya bisa dilakukan dengan menggunakan rumus di bawah ini:

  • Harga rolling door 3 m = 3 m x 3 m = 9 meter2
  • Harga rolling door 3 m = 9 m2 x Rp400.000,-
  • Harga rolling door 3 m = Rp3.600.000,-

Dengan begitu, biaya yang harus kalian siapkan untuk membeli rolling door berukuran 3 m adalah Rp3.600.000,-.

3. Harga Rolling Door 2 m x 4 m

Untuk ukuran rolling door yang satu ini lebih besar pada bagian lebarnya, sehingga pintu ini cocok untuk diaplikasikan pada bangunan ruko. Cara menghitung harga rolling door berukuran 2 m x 4 m bisa dilakukan dengan mengikuti rumus ini:

  • Harga rolling door 2 m x 4 m = T x L x harga/m
  • Harga rolling door 2 m x 4 m = 2,3 m x 4,2 m x Rp400.000,-
  • Harga rolling door 2 m x 4 m = Rp3.864.000,-
Baca Juga:  4 Cara Menghitung Persentase Penjualan Perbulan 2024

Tips Membeli Rolling Door dengan Harga Terjangkau

Tentu sebagian besar orang ingin membeli rolling door dengan harga yang lebih ekonomis atau terjangkau. Maka dari itu, informasi lain yang harus kamu tahu mengenai hal ini adalah tips membeli rolling door dengan harga yang terjangkau, yaitu:

1. Tentukan Jenisnya Terlebih Dahulu

Sebelum melihat harga dan membeli rolling door untuk kebutuhan rumah, kamu perlu menentukan jenis rolling door yang hendak dibeli terlebih dahulu. Sebab, saat ini ada banyak pilihan rolling door yang menawarkan kelebihannya masing-masing.

2. Ukur Luas Ruangan dengan Benar

Setiap ruangan yang ada di dalam rumah pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu perlu menghitung luas dari ruangan yang akan dipasangi rolling door terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan kebutuhan ukuran rolling door-nya juga.

3. Lakukan Riset dan Bandingkan Harga

Tips terakhir yang perlu dilakukan sebelum membeli rolling door di suatu toko tertentu adalah melakukan riset dan membandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa toko lainnya. Pastikan harga yang ditawarkan tersebut sudah sesuai dengan kualitas produk yang akan didapatkan.

Cara menghitung harga rolling door memang harus diketahui sebelum membeli jenis pintu berkualitas satu ini. Sebab, dengan menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan seperti ini, kamu bisa lebih mudah untuk menyiapkan dana tersebut.

Baca Juga: