60 mL Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung dan Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Mengetahui 60 ml berapa sendok makan sangatlah penting untuk menghitung jumlah takaran pasti yang harus digunakan. Ketahui perhitungan konversinya sebagai berikut.Sendok makan seringkali dijadikan sebagai alternatif alat ukur untuk menentukan jumlah bahan. Jika memahami cara menghitung 60 ml berapa sendok makan, kamu bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak perlu lagi repot membeli alat pengukur khusus.

Pengetahuan tentang cara konversi ml ke takaran sendok makan akan memudahkan dalam proses pembuatan masakan atau pemberian dosis cairan. Jumlah takaran yang tepat dapat memberikan komposisi yang sesuai sehingga bahan bisa digunakan secara optimal.

Penjabaran Menghitung 60 Ml Berapa Sendok Makan

Ketika mendapatkan resep obat sirup, ada juga yang tidak dilengkapi dengan alat ukur sehingga perlu menggunakan sendok makan sebagai pengganti. Sebelum melakukan hal tersebut, berapa ml 1 sendok makan? Tentu sering ditanyakan.

Informasi tersebut harus diketahui agar bisa mengkonsumsi dosis obat yang sesuai. Sendok makan adalah alat yang umumnya tersedia di rumah. Ukurannya besar dengan jumlah volume 15 ml atau 15 cc. Berbeda dengan sendok teh yang memiliki volume 5 ml atau 5 cc.

Baca Juga:  1,75 Meter Berapa Cm? Cara Hitung dan Tangga Satuannya

Sehingga untuk dapat menemukan jawaban 60 ml berapa sendok makan, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Diketahui:

1 sendok makan = 15 ml

Ditanya:

Jika membutuhkan cairan sebanyak 60 ml, berapa jumlah sendok makan yang harus digunakan?

Jawab:

= 60/15 = 4 Sendok makan

Dapat disimpulkan bahwa perhitungan 60 ml berapa sendok jawabannya adalah 4.

Contoh Soal dan Pembahasan

Jika hanya membahas satu perhitungan saja, mungkin pemahaman belum didapatkan secara maksimal. Pembahasan tentang konversi satuan menjadi hal yang penting karena seringkali dibutuhkan.

Materi konversi satuan harus dipelajari dengan baik sehingga bisa menentukan takaran yang tepat. Supaya lebih memahaminya, mari mengulas beberapa contoh soal lainnya di bawah ini.

Soal 1

Yuyu ingin membuat kue bolu dengan mengikuti resep yang didapatkan dari internet. Dalam resep tertulis membutuhkan sebanyak 75 ml vanila yang perlu dicampur ke dalam adonan.

Namun Yuyu tidak memiliki alat ukur yang tepat sehingga menggunakan sendok. Berapa sendok makan vanilla yang harus ditambahkan oleh Yuyu?

Jawaban:

Baca Juga:  4 Kg Berapa Ons? Cara Menghitung dan Urutan Satuan Berat

15 ml = 1 sdm

= 75/15 = 5 sendok makan

Artinya, Yuyu harus memasukkan 5 sendok makan vanila ke dalam adonan.

Soal 2

Untuk membuat masakan ayam asam manis, Susi harus memasukkan madu sebanyak 150 ml. Berapa sendok makan yang dibutuhkan agar bahan yang dimasukkan sesuai dengan resep?

Jawaban:

15 ml = 1 sdm

= 150/15 = 10 sendok makan

Disimpulkan bahwa Susi harus memasukan madu sebanyak 10 sendok makan ke dalam masakan yang dibuat.

Perhitungan 60 ml berapa sendok makan tidaklah sulit untuk dipahami. Hanya perlu mengikuti rumus yang sudah dijabarkan. Kamu juga bisa menggunakan rumus tersebut untuk melakukan konversi dalam jumlah lainnya. Sekarang tidak perlu lagi bingung dan bisa menakar dengan ukuran yang tepat.

error: