1 Cm Berapa mL? Cara Hitung, Contoh Soal, dan Konversinya


Uinsuka.ac.id – Pertanyaan 1 cm berapa ml harus ditambahkan dengan pangkat tiga (1cm3) karena cm merupakan satuan panjang sedangkan ml merupakan satuan volume. Sehingga tidak bisa diubah begitu saja.

Namun jika untuk cm3 dan ml konversi bisa dilakukan karena keduanya digunakan sebagai satuan volume. Hanya saja berbeda basisnya, cm3 adalah satuan untuk volume berbasis kubik.

Sedangkan satuan ml untuk mengukur volume berbasis liter. Kedua satuan volume ini bisa dikonversi dengan menggunakan rumus perhitungan khusus.

Pembahasan Konversi Perhitungan 1 Cm Berapa Ml

Untuk menjawab 1 cm berapa ml, sebelumnya ketahui terlebih dahulu definisi satuan tersebut dan bagaimana korelasinya. Cm3 dan ml adalah satuan yang biasa digunakan untuk ukuran volume. Setiap satuan memiliki tangga perhitungan konversi yang berbeda.

Pada tangga kubik, turun satu tangga akan dikalikan dengan 1000. Sebaliknya, jika naik akan dibagi 1000. Sedangkan untuk tangga perhitungan liter, turun satu dikalikan dengan 10. Jika naik, dibagi 10. Sehingga dapat disimpulkan definisi sebagai berikut.

  • m3 (meter kubik) = kl (kilo liter)
  • dm3 (desimeter kubik) = l (liter)
  • cm3 (sentimeter kubik) = cc = ml (mililiter)
Baca Juga:  1,5 cm Berapa Meter? Jawaban dan Contoh Soal Terbaru

Sehingga dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan 1 cm kubik berapa ml adalah 1. Hal tersebut terjadi karena kedua satuan ini memiliki nilai yang setara. Artinya, 1 cm3 = 1 ml, 200 cm3 = 200 ml, begitu seterusnya.

Contoh Soal

Cara menghitung 1 cm sama dengan berapa ml bisa memberikan acuan bagi kamu untuk melakukan konversi dengan mudah.

Nilai cm3 dengan ml yang setara, memungkinkan konversi bisa dilakukan secara langsung dan diketahui hasilnya. Namun bagaimana jika satuannya berbeda, pelajari beberapa contoh konversi lainnya di bawah ini.

Soal 1

Hitunglah 1 liter sama dengan berapa cc!

Penjabaran:

1 liter = 1 dm3

Sedangkan cc setara dengan ml/cm3. Dari dm3 ke cm3 turun satu tangga yang artinya dikalikan 1000.

Sehingga jawabannya adalah 1 liter = 1 dm3 = 1 x 1000 = 1000 cm3 = 1000 cc.

Jawab: 1 liter = 1000 cc.

Soal 2

Saipul membeli 3 liter susu untuk diminum sendiri dan dibagikan ke teman lainnya. Hari pertama, Saipul sudah menghabiskan 2.5 liter susu, berapa sisa susu yang bisa dibagikan ke teman apabila dikonversi menjadi satuan ml?

Baca Juga:  25 Kg Berapa Hg? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soal

Penjabaran:

1 liter = 1000 ml

= 3 liter – 2.5 liter

= 0.5 liter (sisa susu)

Cara konversi menjadi ml yaitu, 0.5 x 1000 = 500 ml

Jadi dapat disimpulkan bahwa susu yang dapat dibagikan ke teman sebanyak 500 ml.

Menghitung 1 cm berapa ml caranya sangat sederhana karena keduanya merupakan satuan dengan nilai setara. Apabila mengkonversi cm3 ke ml, bisa dilakukan secara langsung.

Namun jika satuannya berbeda seperti liter, maka harus diubah terlebih dahulu menjadi satuan yang setara sehingga bisa diketahui hasilnya. Apabila sudah memahami konsep perhitungannya dengan baik, konversi satuan bisa dilakukan dengan cepat.

error: