Konversi 60 mL Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Satuan digunakan sebagai nilai standar sebuah zat. Ada banyak sekali jenis satuan yang sudah sering didengar, diantaranya seperti ml, cc, gram, dan lainnya. Tetapi kondisi tertentu membuat perhitungan 60 ml berapa gram ingin diketahui.

Untuk dapat melakukan perhitungan yang tepat, langkah awalnya adalah memahami korelasi antara ml dan gram terlebih dahulu. Selain itu, jenis benda yang akan hitung juga harus diketahui. Apakah benda cair atau padat.

Panduan Menghitung 60 Ml Berapa Gram

Dalam proses konversi ml ke gram, densitas atau kerapatan zat yang akan diukur harus diketahui. Densitas adalah massa per unit volume dengan nilai yang bisa berbeda untuk setiap zat. Untuk itu setiap zat akan memiliki jumlah densitas yang berbeda.

Sebab satuan gram adalah unit massa. Sedangkan mililiter merupakan unit volume. Sehingga konversi antara kedua zat ini tergantung dari jenis bendanya.

Baca Juga:  5 Menit Berapa Detik? Rumus Menit ke Detik & Sebaliknya

Untuk dapat mengubah ukuran 60 ml menjadi gram, terdapat formula rumus yang bisa digunakan. Proses konversi kedua satuan ini berkaitan erat dengan massa jenis.

Sehingga umumnya dalam soal biasanya akan diinformasikan berapa massa jenis benda yang akan diubah satuannya. Perhatikan rumus perhitungannya sebagai berikut.

Massa = Massa Jenis x Volume

Dengan menggunakan rumus tersebut, pertanyaan 60 ml setara berapa gram bisa dijawab dengan mudah. Contohnya diketahui benda yang ingin dihitung adalah beras dengan massa jenis 0.753 g/ml. Sehingga perhitungannya sebagai berikut.

Massa = Massa Jenis x Volume = 0.753 g/ml x 60 ml = 45.18 gram.

Artinya, 60 ml beras = 45.18 gram beras.

Contoh Soal Lengkap dengan Jawaban

Pembahasan 60 ml berapa gram dan rumus perhitungannya mungkin belum cukup memberikan pemahaman. Agar bisa mempelajari cara konversi ml ke gram secara lebih detail, pahamilah beberapa contoh lainnya dengan pembahasan seperti di bawah ini.

Soal 1

Hitunglah 85 ml minyak goreng yang dikonversikan menjadi satuan gram. Minyak goreng memiliki massa jenis zat sebesar 0.933 g/ml.

Baca Juga:  600 cc Berapa ml? Rumus dan Pembahasan Konversinya

Diketahui:

85 ml minyak goreng

Massa jenis minyak goreng 0.933 g/ml

Ditanya:

Ubah menjadi satuan gram!

Jawaban:

= massa jenis x volume

= 0.933 g/ml x 85 ml

= 79.3 gram

Kesimpulannya adalah 85 ml minyak goreng sama dengan 79.3 gram minyak goreng.

Soal 2

Diketahui sebuah madu memiliki volume sebesar 95 ml. Massa jenis madu diketahui adalah 1.36 g/ml. Berapakah nilai konversi massa jika diubah menjadi satuan gram?

Diketahui:

95 ml madu

Massa jenis madu 1.36 g/ml

Ditanya:

Konversikan ml ke dalam satuan gram!

Jawaban:

= massa jenis madu x volume madu

= 1.36 g/ml x 95 ml

= 129.2 gram

Dapat disimpulkan bahwa 95 ml madu setara dengan 129.2 gram madu

Hubungan antara ml dan gram berkaitan dengan massa jenis dalam proses konversinya. Jawaban perhitungan 60 ml berapa gram untuk minyak dan beras tentu akan berbeda karena adanya perbedaan massa jenis benda.

error: