5 Cara Menghitung Neraca Ohaus, Jenis, Rumus 2024


Uinsuka.ac.id – Neraca ohaus adalah alat yang umum digunakan dalam laboratorium dan industri untuk mengukur massa suatu benda. Penggunaan yang tepat dari neraca ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang akurat dan konsisten, sehingga dibutuhkan cara menghitung neraca ohaus yang tepat.

Menghitung dengan neraca ohaus membutuhkan kehati-hatian dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang akurat. Dalam artikel ini, akan diberi panduan langkah demi langkah tentang cara menghitung dengan tepat menggunakan neraca ohaus.

Penting untuk diingat bahwa kesalahan manusia atau faktor lainnya dapat mempengaruhi ketepatan hasil timbangan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti prosedur yang tepat dan menjaga kondisi neraca dalam keadaan baik agar memperoleh hasil yang akurat.

Apa itu Neraca Ohaus?

Neraca ohaus adalah salah satu merek terkemuka dalam peralatan timbangan dan pengukuran presisi. Ohaus Corporation adalah perusahaan yang terkenal dalam memproduksi berbagai jenis neraca dan peralatan laboratorium lainnya.

Neraca ohaus merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur massa Ohaus, yang merupakan salah satu produsen terkemuka dalam peralatan timbangan dan pengukuran presisi.

Neraca ohaus dirancang dengan menggunakan prinsip dasar timbangan yaitu perbandingan gaya atau tarikan antara massa yang ingin diukur dengan gaya tarikan yang dihasilkan oleh pegas atau sistem pemulihan yang sensitif.

Ketika benda ditempatkan pada permukaan timbangan, neraca akan memberikan pembacaan yang menunjukkan massa benda tersebut. Neraca ohaus hadir dalam berbagai jenis dan model, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ada neraca analitik yang digunakan dalam aplikasi laboratorium dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi, neraca semi-mikro yang memiliki kapasitas timbangan yang lebih besar, neraca presisi yang digunakan dalam pengujian laboratorium umum.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Current Ratio, Rumus, Contoh

Neraca ohaus digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari laboratorium penelitian hingga penggunaan industri. Neraca ohaus biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pembacaan digital, tara otomatis, kalibrasi yang mudah, dan berbagai unit pengukuran yang dapat dipilih, seperti gram dan kilogram.

Cara Menghitung Neraca Ohaus untuk Timbang Berat

1. Siapkan Neraca Ohaus

Hal pertama yang perlu disiapkan dalam menerapkan cara menghitung neraca ohaus adalah neraca itu sendiri sebagai media penimbangan. Pastikan neraca ohaus berada pada permukaan yang rata dan stabil. Nolkan jarum penunjuk atau tara pada skala digital jika ada.

2. Tentukan Massa Awal

Tempatkan objek yang akan ditimbang pada pelat penimbang. Pastikan objek tidak bergerak dan tidak ada gangguan yang dapat mempengaruhi pengukuran.

3. Menyeimbangkan Neraca

Gunakan penggeser atau pemberat yang disediakan pada lengan sebelah lain untuk menyeimbangkan neraca. Pindahkan pemberat secara perlahan hingga lengan seimbang dalam posisi horizontal.

4. Membaca Massa Objek

Bacalah massa objek pada skala neraca yang sesuai, baik pada jarum penunjuk maupun tampilan digital. Catat massa objek dengan tepat.

5. Membersihkan Neraca

Setelah pengukuran selesai, bersihkan pelat penimbang dan pastikan neraca ohaus siap digunakan untuk pengukuran berikutnya.

Jenis Neraca yang Paling Umum

Beberapa jenis neraca selain ohaus berikut ini mempunyai cara yang hampir sama dengan langkah di atas untuk menimbang berat suatu benda.

1. Neraca Analitik

Digunakan untuk mengukur massa benda dengan presisi yang sangat tinggi. Neraca analitik ohaus memiliki kapasitas timbangan yang lebih kecil, dengan ketelitian hingga beberapa angka desimal.

2. Neraca Semi-Mikro

Jenis neraca ini memiliki kemampuan untuk mengukur massa dengan presisi tinggi, tetapi dengan kapasitas timbangan yang sedikit lebih besar daripada neraca analitik. Neraca semi-mikro ohaus umumnya digunakan dalam aplikasi laboratorium kimia dan biologi.

3. Neraca Presisi

Neraca presisi ohaus digunakan untuk mengukur massa dengan tingkat ketelitian yang lebih rendah dibandingkan dengan neraca analitik. Jenis ini memiliki kapasitas timbangan yang lebih besar dan umumnya digunakan dalam pengujian dan pengukuran di laboratorium.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Gaji Karyawan, Rumus, Contoh

4. Neraca Industri

Ohaus juga menghasilkan neraca untuk penggunaan industri, seperti neraca pengiriman dan neraca pengepakan. Neraca industri Ohaus dirancang untuk menangani beban yang lebih besar dan mampu memberikan hasil yang cepat dan akurat dalam pengukuran berat.

Fitur yang umumnya dimiliki oleh neraca ohaus meliputi layar digital untuk membaca hasil timbangan secara akurat, tombol tara yang memungkinkan penyetelan ke nol dengan mudah, dan unit pengukuran yang dapat dipilih seperti gram, kilogram, ons, atau pon.

Tips Cara Menghitung Neraca Ohaus

Agar tidak terjadi kesalahan saat menerapkan cara menghitung neraca ohaus dan meminimalisir kerugian, maka diperlukan beberapa tips berikut ini saat menggunakan neraca ohaus.

  • Pastikan objek yang ditimbang bersih dari kotoran atau zat lain yang dapat mempengaruhi pengukuran.
  • Hindari sentuhan langsung dengan objek yang akan ditimbang untuk menghindari kontaminasi.
  • Gunakan tangan atau alat yang tepat saat menambahkan atau mengurangi pemberat pada lengan neraca.
  • Pastikan pengukuran dilakukan di lingkungan yang stabil dan bebas dari gangguan yang dapat mempengaruhi hasil.

Manfaat Menggunakan Neraca Ohaus

Dalam beberapa keadaan, menggunakan neraca ohaus adalah pilihan paling tepat karena ketelitian dari alat tersebut.

1. Pengukuran secara Presisi

Neraca ohaus dirancang untuk memberikan pengukuran berat yang sangat presisi. Dengan kemampuan untuk membaca dalam jumlah desimal yang tinggi, neraca ini sangat berguna dalam aplikasi yang membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Contohnya adalah laboratorium penelitian, industri farmasi, dan bidang-bidang ilmiah lainnya.

2. Akurasi Lebih Tinggi

Neraca ohaus didesain untuk memberikan akurasi tinggi dalam pengukuran berat. Dengan sensitivitas yang baik dan sistem pengukuran yang andal, neraca ini dapat memberikan hasil yang sangat akurat, penting dalam berbagai aplikasi di mana ketepatan pengukuran menjadi kunci.

3. Kapasitas Timbangan Beragam

Neraca ohaus hadir dalam berbagai jenis dan kapasitas timbangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari neraca analitik dengan kapasitas yang lebih kecil hingga neraca industri dengan kemampuan menangani beban yang lebih besar.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung THR Karyawan Tetap, Kontrak, Baru

Ohaus sendiri menyediakan banyak sekali pilihan yang sesuai dengan berbagai aplikasi.

4. Keandalan dan Durabilitas

Neraca ohaus terkenal akan keandalan dan daya tahan yang baik. Merek ini telah membangun reputasi sebagai produsen peralatan timbangan berkualitas tinggi. Neraca ohaus dirancang untuk dapat digunakan secara intensif dan tahan lama.

Dengan demikian, pengguna dapat mengandalkannya dalam jangka waktu yang lama dan meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi.

5. Mudah Digunakan

Neraca ohaus umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur yang membuatnya mudah digunakan. Misalnya, layar digital yang jelas dan mudah dibaca, tombol tare untuk mengatur nol dengan cepat, dan kalibrasi yang mudah dilakukan.

Fitur-fitur ini memudahkan pengguna dalam pengoperasian dan pengaturan neraca sesuai dengan kebutuhan.

6. Aplikasi Lebih Luas

Neraca ohaus digunakan dalam berbagai bidang, termasuk laboratorium penelitian, industri farmasi, industri kimia, produksi makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Dalam setiap bidang ini, neraca ohaus membantu dalam pengukuran berat yang akurat.

Selain itu, juga menyediakan presisi yang diperlukan dalam proses pengujian, penelitian, produksi, dan pengendalian kualitas.

Kemudahan penggunaan dan manfaat yang ditawarkannya, membuat cara menghitung neraca ohaus menjadi pencarian yang populer dalam berbagai bidang ilmu. Dengan kata lain, penggunaan neraca ohaus dapat meningkatkan ketepatan dan keandalan pengukuran berat dan juga penelitian.

Baca Juga:

error: