1/3 dari 100 Berapa? Cara Menghitung Pecahan & Konsepnya

Uinsuka.ac.id – Konsep pecahan umumnya digunakan untuk menggambarkan perbandingan atau bagian dari suatu keseluruhan, memainkan peran penting dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Misalnya, ingin mengetahui 1/3 dari 100 berapa sehingga dapat mengetahui nilai akhirnya.

Dalam artikel ini, akan diberikan contoh soal dan pembahasannya untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang konsep pecahan dan bagaimana konsep tersebut dapat diaplikasikan dalam situasi dunia nyata.

Konsep Hitung Pecahan

Dalam mencari nilai dari suatu fraksi, seperti 1/3 dari 100, maka menggunakan prinsip dasar perhitungan pecahan. Pecahan 1/3 berarti mengambil satu bagian dari tiga bagian yang sama besar. Dalam hal ini, kamu ingin menentukan berapa nilai dari 1/3 dari angka 100.

Konsep pecahan ini sering digunakan dalam membagi suatu kuantitas atau membagi sumber daya, pemahaman tentang pecahan dapat membantu membuat keputusan yang lebih informasional. Begitu juga pada saat ingin menghitung potongan harga ketika berbelanja.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Bilangan Bulat, Contoh dan Hasil

Jawaban 1/3 dari 100 Berapa?

1. Cara Menjawab

Jika ingin menghitung berapa 1/3 dari 100, kamu cukup menggunakan cara sebagai berikut:

  • 1/3 dari 100 dapat dihitung dengan mengalikan 100 dengan pecahan 1/3 x 100.
  • Kemudian, lakukan operasi hitung dengan menyederhanakannya menjadi 100/3.
  • Angka pecahan 100/3 bisa diubah ke bentuk desimal, yaitu 33.333… (angka 3 berulang).
  • Sebagai alternatif, kamu dapat menyajikan hasil ini sebagai pecahan campuran, yang sama dengan 33 1/3.

Dalam konteks praktis, 1/3 dari 100 berapa ini dapat diartikan sebagai satu pihak dari tiga pihak yang setara, atau 33 1/3.

2. Contoh Soal Lainnya

Sebuah toko buku memberikan diskon sebesar 1/4 untuk setiap pembelian buku. Jika harga buku sebelum diskon adalah Rp80.000, berapa besar diskon yang akan diterima pembeli?

Cara Penyelesaiannya:

  • Diskon yang diberikan adalah 1/4 dari harga buku.
  • Gunakan rumus pecahan untuk menghitungnya, yaitu Diskon = 1/4 x harga buku sebelum diskon.
  • Masukkan harga buku ke dalam rumus, sehingga menjadi Diskon= 1/4 x 80.000 = 20.000.
  • Artinya, pembeli akan menerima diskon sebesar Rp20.000 untuk setiap pembelian buku tersebut.
Baca Juga:  2 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Dalam konteks ini, 1/4 dari harga buku diartikan sebagai satu dari empat bagian yang setara. Logikanya sama dengan pembahasan 1/3 dari 100 sebelumnya. Diskon ini diberikan sebagai insentif untuk pembeli, dan pemahaman terhadap konsep pecahan membantu dalam perhitungan diskon tersebut.

Dengan demikian, pembahasan ini menyoroti langkah-langkah untuk menghitung 1/3 dari 100 berapa, sehingga kamu bisa mudah mendapatkan hasil akhirnya. Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama untuk menghitung pecahan dari nilai utama dengan rumus yang sama.

Jangan lupa juga bahwa menghitung pecahan umumnya jauh lebih mudah daripada angka desimal selama kamu mengetahui operasi hitungnya secara cermat. Cobalah cara di atas, lalu terapkan ke dalam setiap soal serupa yang kamu temui!