1500 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Tangga Satuan Panjang

Uinsuka.ac.id – Konversi satuan merupakan hal yang perlu dipahami. Ini karena konsep konversi sangat sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah pertanyaan 1500 Cm berapa meter? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kamu butuh untuk paham konsep konversi.

Pada satuan panjang, kamu bisa mulai dari memahami dengan menggunakan tangga satuan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menghitung konversinya. Simak penjelasan berikut ini tentang cara menghitung konversi dan beberapa contoh soal untuk menambah pemahaman.

Tangga Satuan Panjang

Apakah kamu sudah mempelajari ini? Jika belum, kamu perlu untuk menghapal setiap bagiannya. Satuan panjang terdiri dari kilometer (km), hektometer (hm), decameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

Jika konversi yang kamu inginkan turun satu anak tangga berarti dikali 10, sedangkan jika naik satu anak tangga berarti dibagi 10. Dengan mengingat konsep tersebut, kamu akan lebih mudah untuk menghitung.

Baca Juga:  5 km Berapa Meter? Cara Menghitung & Konversi Satuan Panjang

1500 Cm Berapa Meter?

Setelah memahami konsep tadi, kamu dapat menggunakan rumus sederhana berikut ini untuk menghitung:

Jumlah meter = jumlah centimeter 100

Jumlah meter = 1500 cm  100 = 15 meter

Jadi, jawabannya adalah 15 meter. Dengan menggunakan rumus tersebut, kamu sudah bisa menjawab pertanyaan 1500 cm berapa meter.

Contoh Soal Lainnya

Kamu dapat mengasah pemahaman mengenai konversi dari centimeter ke meter ini dengan beberapa contoh latihan soal berikut.

1. Pertanyaan 1

Seorang guru memberikan seutas pita kepada murid-muridnya untuk diukur. Pita tersebut memiliki panjang 540 centimeter. Berapa panjang pita tersebut dalam satuan meter?

Jawaban:

  • Panjang dalam Meter = Panjang dalam Centimeter   100
  • Panjang dalam Meter = 540 cm 100 = 5,4 m

Jadi, panjang pita tersebut adalah 5,4 meter.

2. Pertanyaan 2

Seorang siswa membuat proyek miniatur jembatan dengan panjang 720 centimeter. Berapa panjang jembatan tersebut dalam satuan meter?

Jawaban:

  • Panjang dalam Meter = Panjang dalam Centimeter 100
  • Panjang dalam Meter = 720 cm 100 = 7,2 m

Jadi, panjang jembatan tersebut adalah 7,2 meter.

3. Pertanyaan 3

Seorang penjahit memiliki seutas kain dengan panjang 420 centimeter. Berapa panjang kain tersebut jika diukur dalam satuan meter?

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Luas Permukaan Kerucut dan Contoh

Jawaban:

  • Panjang dalam Meter = Panjang dalam Centimeter 100
  • Panjang dalam Meter = 420 cm 100 = 4,2 m

Jadi, panjang kain tersebut adalah 4,2 meter.

4. Pertanyaan 4

Seorang pelukis sedang membuat lukisan dinding dengan panjang 960 centimeter. Berapa panjang lukisan tersebut dalam satuan meter?

Jawaban:

  • Panjang dalam Meter = Panjang dalam Centimeter 100
  • Panjang dalam Meter = 960 cm 100 = 9,6 m

Jadi, panjang lukisan tersebut adalah 9,6 meter.

Dengan berbagai contoh soal tersebut, kamu akan terbiasa dan akan lebih memahami mengenai cara menghitung centimeter ke meter. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih mudah menjawab berbagai pertanyaan seperti 1500 Cm berapa meter. Teruslah berlatih!