5 Kg Berapa Gram? Cara Hitung dan Contoh Soal Lain


Uinsuka.ac.id – 5 kg berapa gram? Jawaban dari pertanyaan ini akan sangat mudah untuk dijawab kalau sebelumnya kamu pernah mempelajari Fisika. Sebab, kilogram (atau disingkat “kg”) dan gram (disingkat “g) merupakan satuan berat dari suatu benda yang hanya bisa kamu temukan penjelasan lengkapnya dalam ilmu Fisika.

Adapun pengertian dari berat benda adalah gaya yang muncul karena adanya gravitasi yang berkaitan dengan massa dari benda yang dimaksud. Massa benda akan tetap sama, tapi berat benda bisa berubah-ubah tergantung pada seberapa banyak percepatan gravitasi yang ada pada tempat benda itu berada.

5 Kg Berapa Gram?

Terkait dengan satuan berat, kamu perlu tahu nih bahwa kilo dan gram tadi memang termasuk dalam satuan berat, tapi satuan berat sendiri bukan hanya kilo dan gram. Masih ada banyak satuan berat lain seperti ons, kwintal, pon, dan ton.

Tapi, kilogram dan gram memang yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat membeli beras, minyak, telur, gula, dan sebagainya. Nah, sekarang untuk menjawab pertanyaan di atas tadi, kamu perlu tahu dulu 1 kg berapa gram.

Baca Juga:  8 Km Berapa Meter? Konsep, Cara Hitung, dan Contoh Soal

Rumusnya sangat mudah, yaitu dengan mengalikan 1 kg dengan 1000 agar kamu bisa mengubahnya ke satuan gram. Jadi artinya, 1 kg = 1000 gram. Maka, 5 kg = 5 x 1000, yang hasilnya adalah 5000 gram. Jawabannya sangat mudah, kan?

Kenapa 1 Kg = 1000 Gram?

Sebagian dari kamu yang gampang penasaran mungkin bertanya tanya nih, kok bisa 1 kg = 1000 gram. Dapat darimana ya patokan ini? Jawabannya adalah dari tangga satuan berat yang total anak tangganya ada tujuh buah sebagai berikut dimulai dari urutan paling atas ke bawah:

  • kg (kilogram)
  • hg (hektogram) atau satuan lainnya adalah ons
  • dag = dekagram
  • g = gram
  • dg = desigram
  • cm = centigram
  • mm = miligram

Setiap kali turun 1 tangga, maka kalikan dengan 10, dan setiap naik 1 tangga bagi dengan 10. Sekarang coba perhatikan satuan kg yg ada di urutan paling atas. Sedangkan gram berjarak 3 anak tangga, maka didapatlah hasil 1000 tadi.

Contoh Soal

Setelah memahami 5 kg berapa gram dan juga daftar tangga dari satuan berat di atas, sekarang mari tambah pemahaman kamu dengan melihat contoh soal berikut:

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Persentase Kenaikan dengan Rumus

1. Soal 1

5 kg berapa ons? Berdasarkan penjelasan sebelumnya, ons sama dengan hektogram yang letaknya satu tingkat di bawah kilogram. Maka, 1 kg = 10 hg / ons. Jadi, 5 kg = 50 ons.

2. Soal 2

50.000 gram berapa kg? Karena letak gram di bawah kg berdasarkan penjelasan di atas tadi, maka dalam hal ini 1000 gram harus dibagi 1000. Berarti, 50.000 gram : 1.000 = 50 kg.

Kesimpulannya, 5 kg berapa gram sama dengan 5000 gram. Hasil ini didapat dari 1 kg = 1000 gram. Patokan atau rumus ini sudah paten dan berlaku di seluruh dunia, jadi tidak mungkin salah.

error: