3 Cara Menghitung Mean Median Modus Data Tunggal

Uinsuka.ac.id – Perhitungan data memang tidak mudah, terlebih untuk data tunggal dalam pelajaran matematika. Namun, kamu bisa menggunakan cara menghitung mean median modus data tunggal untuk menemukan jawaban yang tepat dan sesuai.

Nah agar tidak jadi membingungkan, ini dia berbagai rumus beserta penjelasan untuk menghitung mean, median, dan modus. Cukup masukkan data ke dalam rumus-rumus berikut ini untuk mendapatkan hasil dari mean, median, dan modus yang dicari.

Pengertian Mean, Median, dan Modus

Sebelum masuk ke rumus dan cara menghitung mean median modus data tunggal alangkah baiknya memahami pengertian dari mean, median, dan modus. Tentunya, pengertian ini harus dipahami agar bisa menghitung data yang dicari dengan sesuai.

Dalam data, kerap dibutuhkan rata-rata atau nilai yang paling sering muncul. Nah, disinilah kegunaan ketiga istilah tersebut. Mean atau rerata dipahami sebagai rata-rata nilai dari data yang ada. Sedangkan modus merupakan nilai yang paling sering muncul dalam data yang tersedia.

Lalu, apa itu median? Istilah median adalah nilai tengah dari data dan akan muncul setelah data tersebut diurutkan. Istilah-istilah ini kerap digunakan dalam pelajaran matematika dan utamanya statistika. Kegunaannya untuk mengolah data yang sudah diperoleh dan dikumpulkan.

Cara Menghitung Mean Median Modus Data Tunggal

Setelah memahami perbedaan dari ketiga istilah tersebut, inilah saatnya mempelajari rumus-rumus dari masing-masing istilah atau mean, median, dan modus. Terdapat data tunggal dan data kelompok. Untuk menghitung mean, median, dan modus data tunggal dan data kelompok juga berbeda.

Saat ini data yang akan dibahas adalah data tunggal sehingga rumus yang digunakan juga rumus untuk menghitung mean, median, dan modus dari data tunggal. Perlu diketahui bahwa data tunggal merupakan data yang berisi nilai asli dengan jumlah tidak lebih dari 30 data.

Baca Juga:  1 Menit Berapa Jam? Cara Menghitung dan Konsepnya

Tidak hanya jumlahnya yang lebih sedikit, untuk melihat data tunggal juga tidak perlu melalui proses perhitungan terlebih dahulu. Tanpa perlu panjang lebar lagi, ini dia rumus lengkap dan penjelasan untuk mencari mean, median, dan modus dalam data!

1. Rumus Mean

Untuk mendapatkan rata-rata dari data yang sudah terkumpul dapat menggunakan rumus mean ini. Cukup jumlahkan seluruh nilai data yang ada kemudian bagi dengan jumlah data yang dimiliki. Sehingga rumus untuk mendapatkan mean dari data tunggal adalah:

  • Mean = Seluruh jumlah nilai data : banyak data
  • Misalnya:

Reni mendapatkan nilai untuk mata pelajaran fisika sebagai berikut, nilai ulangan harian 80, nilai tugas 75, nilai UTS 82, dan nilai UAS 96. Berapakah nilai rata-rata yang didapatkan oleh Reni dalam pelajaran fisika?

Jika mendapatkan soal seperti ini, cukup menambahkan seluruh nilai yang diperoleh Reni. Seluruh nilai mata pelajaran fisika yang diperoleh Reni adalah 80 + 75 + 82 + 96 = 333. Karena total nilai yang didapatkan Reni adalah 333, maka untuk mencari mean, nilai ini dibagi dengan jumlah data yakni 4.

Maka hasil yang didapatkan dari 333 : 4 = 83,25 sehingga rata-rata nilai fisika yang diperoleh Reni pada semester ini adalah 83,25. Mudah bukan?

2. Rumus Median

Berbeda dengan mencari mean, untuk mendapatkan median atau nilai tengah maka data harus diurutkan mulai dari yang terkecil ke terbesar. Eits namun jangan khawatir akan menyulitkan karena median juga memiliki rumus tersendiri lho yakni untuk data ganjil:

  • Median = X(n + 1) : 2

Sedangkan untuk data ganjil:

  • Median = (X.n : 2) + (X.n : 2 +1) : 2
Baca Juga:  7,5 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Cepat Tanpa Kalkulator

Misalnya:

Di kelas A terdapat 7 orang siswa dengan berat badan 45 kg, 60 kg, 55 kg, 48 kg, 73 kg, 51 kg, dan 64 kg. Berapakah median dari data berat badan di kelas A?

Jika menemui soal seperti di atas, maka harus menggunakan data ganjil karena data berjumlah 7. Kemudian caranya variabel X dikalikan dengan jumlah data ditambah 1 kemudian dibagi 2 sehingga menjadi (X(7 +1)) : 2 = X8 : 2 = X4. Kemudian urutkan data di atas dari yang terkecil hingga terbesar.

Jika diurutkan, maka data yang tersusun adalah 45 kg, 48 kg, 51 kg, 55 kg, 60 kg, 64 kg, dan 73 kg. Jadi X4 adalah data urutan keempat. Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan di atas adalah 55 kg. Jadi bisa disimpulkan bahwa median dari data berat badan kelas A adalah 55 kg.

3. Rumus Modus

Cara menghitung mean median modus data tunggal berikutnya adalah untuk menentukan data terbanyak yang muncul. Tidak ada rumus modus untuk data tunggal namun bisa dengan mengelompokkan atau mengurutkan data dan mencari data mana yang muncul paling banyak.

Misalnya:

Di keluarga Indah yang terdiri dari 10 orang memiliki tinggi yakni 150 cm, 134 cm, 140 cm, 150 cm, 150 cm, 140 cm, 170 cm, 180 cm, 168 cm, dan 176 cm. Berapa modus dari data tinggi badan di keluarga Indah?

Untuk menemukan modusnya, urutkan data di atas mulai dari yang terkecil hingga terbesar sehingga urutan yang muncul adalah 134 cm, 140 cm, 140 cm, 150 cm, 150 cm, 150 cm, 168 cm, 170 cm, 176 cm, dan 180 cm. Dari urutan data tersebut, data yang paling banyak muncul adalah 150 cm.

Data 140 cm muncul sebanyak 2 kali. Sedangkan data lain yakni 134 cm, 168 cm, 170 cm, 176 cm, dan 180 cm hanya muncul 1 kali. Dengan demikian modus dari data tinggi badan keluarga Indah adalah 150 cm karena muncul sebanyak 3 kali.

Baca Juga:  25 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Namun selain model soal di atas, ada pula model soal lainnya yang tidak menyebutkan keseluruhan data. Jika menemui soal seperti ini maka perlu dicari terlebih dahulu data yang tidak disebutkan dalam soal dengan rumus sederhana.

Misalnya:

Ayah Amel menjadi juri dalam lomba anjing sehat. Terdapat 16 anjing yang mengikuti lomba yang terdiri dari 3 anjing pomeranian, 5 anjing shitzu, 1 anjing golden retriever, 4 anjing beagle, dan sisanya adalah anjing chihuahua. Berapakah modus dari data tersebut?

Untuk menentukan modus dari data anjing-anjing tersebut maka jumlah anjing chihuahua harus diketahui lebih dahulu. Cara mencari jumlah anjing chihuahua adalah dengan menambahkan semua jumlah anjing sebagai berikut:

  • 16 = 3 + 5 + 1 + 4 + X
  • 16 = 12 + X
  • 16 – 12 = X
  • 4 = X

Dari penyelesaian di atas dapat diketahui bahwa jumlah anjing chihuahua yang mengikuti lomba adalah 4 ekor. Jadi yang menjadi modus dari data perlombaan anjing sehat tersebut adalah anjing shitzu karena berjumlah 5 ekor atau yang paling banyak dibandingkan data lainnya.

Dalam mengolah data, terdapat 3 istilah yang sering ditemui yakni mean, median, dan modus. Mean adalah rerata, median adalah nilai tengah, sedangkan modus adalah nilai yang paling sering muncul dari data yang muncul.

Masing-masing istilah ini memiliki rumusnya masing-masing untuk menentukan rata-rata, nilai tengah, dan nilai yang paling sering muncul. Jadi, cara menghitung mean median modus data tunggal rupanya sangat mudah dan rumus yang digunakan tidak rumit, bukan?

Baca Juga: