25 Kg Berapa Hg? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – Mungkin kamu sedikit bingung kalau ditanya 25 kg berapa hg karena ada satuan yang jarang digunakan. Satuan yang dimaksud yaitu hektogram atau disingkat hg. Dalam tangga konversi satuan berat, letak hektogram (hg) berada 1 jenjang dibawah kilogram (kg).

Kilogram dan hektogram sama-sama merupakan satuan berat yang berlaku internasional. Hanya saja, di Indonesia ini orang lebih mengenal kilogram dan jarang menggunakan satuan hektogram (hg). Lalu, 1 kg itu sama dengan berapa hektogram?

Hitungan 25 Kg Berapa Hg

Untuk mengetahui jawaban 25 kilogram itu berapa hektogram, harus dipahami dulu konsep Sistem Satuan Internasional yang berlaku. Sesuai dengan jenjang pada diagram konversi satuan berat, letak kilogram yaitu satu tingkat di atas hektogram, jadi konversinya harus dikalikan 10.

Mengacu pada rumus konversi satuan berat tersebut, maka jika 25 kg diubah menjadi hg harus dikali dengan 10. Hasil yang didapatkan adalah 25 x 10 = 250 hg. Jika ingin menghitung nilai sebaliknya, yaitu hektogram menjadi kilogram, maka dibagi dengan 10.

Baca Juga:  5 ml Berapa Gram? Ini Cara Hitung dan Pembahasannya

Jika dibalik rumusnya, maka 250 hg ada berapa kg? Jawabannya harus dibagi dengan angka 10 sesuai tingkatan pada diagram konversi, yaitu setiap turun satu jenjang harus dibagi 10 dan seterusnya. Hasilnya sama yaitu 250 hg setara 250/10 kg = 25 kg.

Mengenal Satuan Berat

1. Satuan Kg, Hg dan Ons

Selain kilogram, satuan berat yang sering digunakan di Indonesia yaitu ons. Satuan ons biasanya dipakai untuk mengukur berat tepung, sayuran, emas dan sejenisnya. Nah, selain menjawab 25 kg berapa hg, konsep diagram konversi juga berlaku untuk satuan ons.

Pemahaman yang pertama yaitu 1 kilogram itu barapa ons, kemudian baru dikonversikan menjadi hektogram (hg). Menghitung berat dari kilo menjadi ons lebih mudah bagi orang Indonesia karena sering dilakukan. Menurut diagram konversi berat SI, 1 kg sama dengan 1000 gram setara 100 gram.

Selama ini orang mengenal berat 100 gram sebagai 1 ons, jadi dapat disimpulkan bahwa 1 hg setara dengan 1 ons.

2. Contoh Soal

Ibu membeli gula pasir di warung sebanyak 25 ons dan tepung terigu 50 ons. Berapa berat keseluruhan belanjaan ibu dalam satuan kg dan hg? Cara mengerjakannya dengan melakukan konversi lebih dulu, yaitu:

  • Gula pasir 25 ons = 250 gram = 0,25 kg
  • Terigu = 50 ons = 500 gram = 0,5 kg
  • Berat gula + terigu = 0,25 kg + 0,5 kg = 0,75 kg = 75 hg
Baca Juga:  1 Gram Berapa Hg? Cara Menghitung dan Konversi Berat

Melihat cara perhitungan ons menjadi kg dan hg seperti diatas, dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengukur berat benda. Rumus yang digunakan sama, tinggal disesuaikan saja angkanya.

Contoh 25 kg berapa hg sangat membantu dalam memudahkan perhitungan berat benda yang sering ditemui orang pada kehidupan hariannya. Kilogram merupakan satuan berat yang paling umum sedangkan hektogram nilainya setara dengan ons yang juga banyak dipakai masyarakat.