400 mL Berapa Gram? Cara Konversi dan Contoh Soalnya


Uinsuka.ac.id – 400 ml berapa gram? Gram sendiri termasuk satuan berat yang berperan penting untuk menghitung berat benda seperti tepung, gula, dan lainnya. Sedangkan mililiter digunakan untuk menghitung kapasitas atau volume suatu cair.

Jika ingin mengubah satuan mililiter ke gram, harus memahami massa jenis dan kaitannya dengan volume. Agar semakin memahami konversi ini, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Konversi 400 Ml Berapa Gram?

Konversi mililiter gram bisa bervariasi karena disesuaikan dengan zat cairan yang digunakan. Hal ini karena setiap zat cair mempunyai massa jenis yang tidak sama sehingga perlu diperhatikan.

Seperti misalnya untuk mengkonversi 400 ml berapa gram air maka harus mengetahui massa jenis air. Khusus untuk air, massa jenis yang dimiliki adalah 1 gram per mililiter. Berikut ini adalah perhitungannya secara mudah dan sederhana:

Baca Juga:  60 Cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Rumus Konversinya

Massa jenis air= 1 gram/mililiter

Volume yang ingin dikonversi: 100 mililiter

Massa= Massa Jenis x Volume

=   1 x  400

= 400 gram

Berdasarkan perhitungan ini, bisa disimpulkan bahwa 400 mililiter air sebanding dengan 400 gram. Sekali lagi dalam konversi ini harus memperhatikan massa jenis dari zat yang digunakan. Setiap bahan memiliki massa jenis berbeda sehingga hasilnya juga bervariasi.

Contoh Soal Gram ke Mililiter

Sebagai pelengkap pembahasan ini, berikut akan diberikan sejumlah contoh terkait konversi gram ke mililiter. Contoh ini juga menggunakan densitas dari bahan yang berbeda seperti minyak goreng dan sirup. Berikut ini sejumlah contohnya yang bisa dijadikan referensi:

1. Contoh Soal 1

Pandu memiliki 300 ml minyak goreng dengan densitas sebesar 0,92 gram/ml. Berapa gram massa dari minyak goreng tersebut?

Massa (g) = Massa Jenis x Volume

= 0,92 x  300

= 276 gram

Jadi, massa yang dimiliki minyak goreng adalah 276 gram

2. Contoh Soal 2

750 mililiter sirup memiliki densitas 1,34 gram/ml. Berapa grm sirup yang kamu miliki?

Baca Juga:  30 Menit Berapa Jam? Rumus Konversi Waktu

Jawaban:

Massa (g)= Massa Jenis x Volume

= 1,34 x 750

= 1005 gram

Jadi, massa sirup yang kamu miliki adalah 1005 gram.

3. Contoh Soal 3

Sebuah botol besar berisi 220 mililiter alkohol yang memiliki densitas 0,79 gram/ml. Berapa gram alkohol yang ada dalam botol besar tersebut?

Jawaban:

Massa (gram)= Massa Jenis x Volume

= 0,79 x 220 mililiter

= 173,8 gram

Jadi, massa alkohol yang ada dalam botol tersebut adalah 173,8 gram.

4. Contoh Soal 4

Sendi memiliki 200 mililiter air dengan densitas 1 gram/ml dalam sebuah gelas belimbing. Berapa gram massa dari air tersebut?

Massa (gram)= Massa Jenis x Volume

= 1 x 200

= 200 gram

Jadi, massa air dalam sebuah gelas belimbing tersebut adalah 200 gram.

Konversi 400 ml berapa gram dapat dilakukan dengan menerapkan rumus satuan volume dan massa. Biasanya dijumpai dalam dunia masak-memasak untuk menakar suatu bahan makanan. Dengan begitu, kamu bisa menentukan jumlah bahan yang diperlukan dalam resep.

error: