500 cm Berapa Meter? Ini Jawaban dan Cara Konversinya


Saat ada di bangku sekolah, mungkin kamu sering kali mendengar pertanyaan tentang 500 cm berapa meter? Pertanyaan ini kerap kali dibahas pada mata pelajaran matematika mengenai satuan hitung. Secara umum cm dan meter merupakan jenis atau nama untuk satuan hitung panjang dan jarak.

Untuk mempermudah cara hitung dari cm ke meter maupun sebaliknya, biasanya disediakan tabel atau tangga bersusun. Dengan begitu konversi satuan hitung bisa lebih mudah. Urutan satuan hitung iki harus urut, mulai dari yang terkecil hingga ke satuan hitung paling besar.

Menghitung 500 cm Berapa Meter Sesuai Konversinya

Dalam tangga susun satuan hitung, satuan cm ada di urutan ke 6. Sedangkan satuan hitung meter ada di urutan ke 4. Artinya, satuan meter lebih besar dibandingkan cm. Menghitung satuan hitung yang satu dengan lainnya juga berbeda.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Porogapit dan Contoh Soal 2024

Satuan hitung yang naik satu tingkat nilainya harus dibagi dengan 10. Sedangkan satuan hitung yang turun satu tingkat nilainya harus dikali dengan 10. Dari satuan hitung cm ke meter harus naik 2 tingkat, sehingga untuk menghitung 500 cm berapa meter, nilainya harus dibagi 100, dan hasil 500 ÷ 100 = 5.

Konversi Hitung Satuan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, setiap nilai cm yang ingin diubah ke satuan meter harus dibagi dili dengan 10 hingga sampai di selisih tingkat antara cm dengan meter. Agar lebih memudahkan, berikut adalah urutan satuan dari atas ke bawah dimulai dari km atau kilometer:

  • Kilometer (kg)
  • Hektometer (hm)
  • Dekameter (dam)
  • Meter (m)
  • Desimeter (dm)
  • Centimeter (cm)
  • Milimeter (mm)

Dari urutan nama satuan di atas, kini kamu sudah tahu urutan dan tingkat dari satuan cm ke meter. Jika hitungan dibalik, dari meter ke cm maka 5 meter = 5 x 100 hasilnya 500 cm.

Memahami Konversi Satuan Hitung CM ke M dengan Contoh

Agar bisa lebih paham pada konversi satuan hitung dari cm ke meter maupun sebaliknya, berikut ini ada beberapa contoh soal yang berkaitan dengan konversi satuan hitung:

Baca Juga:  20 Mm Berapa Cm? Cara Hitung dan Konversi Mm ke Cm

Contoh Soal CM ke M

Seorang tukang bangunan menggunakan kayu sepanjang 400 cm. Saat membeli kayu di toko kayu, satuan yang harus dibeli adalah meter. Lantas berapa meter kayu yang harus dibeli jika dibutuhkan 400 cm kayu?

Jawab: gunakan rumus 100 cm ÷ 100 = 1 Meter

Maka 400 cm ÷ 100 = 4 meter. Jadi kayu yang harus dibeli di toko kayu adalah 4 meter.

Contoh Soal M ke CM

Murid kelas 5 harus membawa kain sepanjang 5 Meter. Jika harus mengukur menggunakan satuan cm, lantas berapa cm kain yang harus dibawa?

Jawab: gunakan rumus 1 meter × 100 = 100 cm, maka 5 meter × 100 = 500 cm. Jadi murid kelas 5 harus membawa kain sepanjang 500 cm.

Jadi pertanyaan 500 cm berapa meter kini sudah terjawab sesuai dengan nilai konversi yang ada antara cm ke satuan meter. Dengan begitu rumus cm ke meter atau sebaliknya hanya antara dikalikan 100 atau dibagi 100 sesuai dengan kondisi konversi naik atau turun.

error: