Cara Menghitung Rata-Rata Tabel Manual dan Rumus Excel

Uinsuka.ac.id – Dalam pelajaran matematika, kita dikenalkan pada rumus rata-rata agar bisa menghitung data nilai dalam suatu tabel. Cara menghitung rata-rata tabel itu bisa dihitung secara manual maupun menggunakan rumus yang bisa menghasilkan angka dengan cepat.

Cara menghitung secara manual itu kerap digunakan untuk menghitung data dalam jumlah kecil dan ketika mengerjakan soal matematika. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil rata-rata dengan cepat atau instan melalui Excel atau program pengolah angka.

Dalam program tersebut, kamu tinggal memasukkan data-data yang dimiliki dan memasukkan rumus rata-rata. Maka seketika, nilai rata-rata akan muncul dalam tabel tersebut. Pun ketika data angkanya berubah, nilai rata-rata itu juga akan berubah secara otomatis.

Fungsi Nilai Rata-Rata

Ketika pertama kali berkenalan dengan nilai rata-rata dalam pelajaran matematika, kita mungkin tidak bisa langsung mengetahui apa fungsi dari nilai rata-rata itu. Padahal, nilai rata-rata tersebut memiliki peran penting yang bisa diaplikasikan dalam beberapa bidang pekerjaan.

Beberapa fungsi nilai rata-rata itu seperti berguna untuk membandingkan kualitas antar kelompok data yang ada, mewakili kondisi kelompok melalui satu angka yang terdapat dalam data, dan melalui nilai rata-rata itu, kelompok data bisa dideskripsikan dengan lebih mudah dan singkat.

Rumus Nilai Rata-Rata

Untuk bisa mendapatkan nilai rata-ratanya, kamu bisa mengaplikasikan cara menghitung rata-rata tabel dengan rumus sigma frekuensi nilai tengah dibagi dengan total frekuensi atau data yang ada. Hasil dari perhitungan itu adalah nilai rata-rata yang kamu cari.

Cara Menghitung Rata-Rata Tabel Secara Manual

Dalam matematika, nilai rata-rata dikenal sebagai mean. Biasanya, dalam soal akan disajikan tabel yang berisi sejumlah angka. Melalui data angka-angka tersebut, kamu bisa mengaplikasikan rumus nilai rata-ratanya secara manual. Simak studi kasus berikut untuk mendapatkan gambaran yang jelas.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Kubikasi Kayu Bundar, Kayu Papan

Diketahui, terdapat 10 siswa yang memiliki tinggi badan 165 sentimeter, 20 siswa memiliki tinggi badan 160 sentimeter, 15 siswa memiliki tinggi badan 155 sentimeter, dan 10 siswa memiliki tinggi badan 150 sentimeter. Maka, berapa rata-rata tinggi yang dimiliki oleh sekelompok siswa tersebut?

  • Hitung frekuensi nilai tengah
    Frekuensi nilai tengah = tinggi badan siswa x jumlah siswa
    Frekuensi nilai tengah = (165 x 10) + (160 x 20) + (155 x 15) + (150 x 10)
    Frekuensi nilai tengah = 1.650 + 3.200 + 2.325 + 1.500
    Frekuensi nilai tengah = 8.675
  • Hitung nilai rata-ratanya
    Nilai rata-rata = frekuensi nilai tengah : jumlah siswa (n)
    Nilai rata-rata = 8.675 : (10 + 20 + 15 + 10)
    Nilai rata-rata = 8.675 : 55
    Nilai rata-rata = 157,727
  • Jadi, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata tinggi badan siswa dalam kelompok data tersebut adalah 157,72 sentimeter.

Cara Menghitung Rata-Rata Tabel di Excel

Selain menghitung secara manual, kamu juga bisa menggunakan program Microsoft Excel. Umumnya, program pengolah data ini biasa digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dalam kelompok data besar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan studi kasus berikut ini.

Azka ingin menghitung rata-rata pengunjung yang membuka websitenya. Saat ini, ia memiliki data pengunjung setiap bulan dengan rincian bulan Januari sebanyak 4000 pengunjung, Februari sebanyak 4.677, Maret sebanyak 5.245, April sebanyak 5.477, dan Mei sebanyak 4.900. .

Data bulan Juni sebanyak 5.004 pengunjung, Juli sebanyak 5.800, Agustus 5.400 pengunjung, September 5.245 pengunjung, Oktober 5.477 pengunjung, November 4.900 pengunjung, dan Desember 5004 pengunjung. Maka, berapa nilai rata-rata pengunjung yang datang ke website Azka?

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Raport Sekolah 2024

1. Buat Tabel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat tabel terlebih dahulu dalam Microsoft Excel. Perlu diketahui, bahwa rumus nilai rata-rata ini hanya bisa digunakan dalam Microsoft Excel sebagai program pengolah data. Jadi, rumus tersebut tidak bisa diaplikasikan dalam Microsoft Word.

Untuk membuat tabel, tidak ada aturan spesifik bagaimana cara membuat tabel yang benar. Sebab, pembuatan tabel harus disesuaikan dengan data-data yang ada dan kebutuhan masing-masing pengguna. Yang penting, tabel harus bisa terbaca dan data-data yang dimasukkan itu benar.

Untuk bisa membuat tabel seperti itu, masukkan data nama-nama bulan yang ada dalam satu kolom secara berurutan. Di samping kolom nama-nama bulan itu, masukkan jumlah data pengunjung per bulannya.

Agar tabel bisa terbaca, kolom nama-nama bulan bisa diberi judul dengan ‘bulan’ dan kolom angka pengunjung bisa diberi judul dengan ‘jumlah pengunjung’. Dengan begitu, siapapun yang melihat tabel itu bisa membaca dengan mudah.

2. Masukkan Rumus Nilai Rata-Rata

Apabila tabel sudah dibuat, kini saatnya mengaplikasikan rumus nilai rata-rata ke dalam data-data tersebut. Rumus yang digunakan pada Microsoft kali ini, berbeda dengan rumus yang digunakan secara manual.

Namun secara logika, perhitungan nilai rata-rata tabel melalui Microsoft Excel itu tidak berbeda jauh dengan cara menghitung rata-rata tabel secara manual. Di bagian paling bawah pada kolom jumlah pengunjung, kamu bisa memasukkan rumus atau formulanya.

  • Menggunakan AVERAGE

Rumus atau formula tersebut adalah ‘=AVERAGE(blok semua angka jumlah pengunjung dari awal sampai akhir)’. Lalu tekan enter. Setelah itu, nilai rata-rata otomatis akan muncul pada bagian yang sama ketika kamu menuliskan formulanya.

  • Menggunakan SUM

Selain menggunakan AVERAGE, kamu juga bisa menggunakan SUM. Rumusnya adalah ketik ‘=SUM(blok semua angka jumlah pengunjung dari awal sampai akhir)’. Klik enter. 61.129 (hasil) tersebut adalah total semua angka jumlah pengunjung selama setahun.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung IMT Ibu Hamil yang Normal 2024

Oleh karena itu, kamu harus membaginya dengan angka 12 terlebih dahulu dengan mengetikkan ‘61.129 / 12’ di bagian yang berbeda. Lalu klik enter dan hasil yang muncul adalah nilai rata-rata.

Contoh Soal Nilai Rata-Rata

Ketika baru pertama kali belajar tentang nilai rata-rata, mungkin kamu bakal kesulitan untuk mempraktikkan dan menghafal rumusnya. Meskipun begitu, tetaplah berusaha dan jangan putus asa. Terus latih diri kamu dengan soal-soal latihan sebanyak mungkin.

1. Soal Pertama

Diketahui ada sederet angka-angka, yakni 3, 4, 5, 7, 6, 8, 9, 10, 11, dan 12. Jika dihitung menggunakan rumus nilai rata-rata, berapa rata-rata dari kelompok nilai tersebut? Penyelesaiannya cukup mudah. Simak pembahasan berikut ini.

  • Hitung kuantitas data dalam kelompok
    Kuantitas data dalam kelompok = 10
  • Hitung seluruh nilai data dalam kelompok
    Nilai data dalam kelompok = 3 + 4 + 5 + 7 + 6 + 8 + 9 + 10 + 11 + 12
    Nilai data dalam kelompok = 75
  • Hitung nilai rata-rata
    Nilai rata-rata = 75 : 10 = 7,5

2. Soal Kedua

Wisata Bahari Sungai Maju memiliki data pengunjung selama tujuh hari berturut-turut. Dari data tersebut, didapati pengunjung sebanyak 1.680, 1.653, 1.645, 1.640, 1.635, 1.627, dan 1.600. Maka, berapa rata-rata angka kunjungan wisatawan dalam satu hari?

  • Hitung total pengunjung dalam seminggu
    Total pengunjung dalam seminggu = 1.680 + 1.653 + 1.645 + 1.640 + 1.635 + 1.627 + 1.600
    Total pengunjung dalam seminggu = 11.480
  • Hitung nilai rata-rata
    Nilai rata-rata = 11.480 : 7 = 1.640

Cara menghitung rata-rata tabel bisa dilakukan secara manual pada kelompok data kecil dan secara instan melalui program pengolah angka pada kelompok data besar. Sementara rumus yang digunakan untuk keduanya juga berbeda. Simak lebih lanjut dalam artikel ini untuk mengetahuinya.