18 Persen Diubah Menjadi Pecahan Biasa Hasilnya Berapa?


Uinsuka.ac.id – Bagaimana caranya mengubah bilangan persen menjadi bilangan pecahan biasa? Soal matematika seperti 18 persen diubah menjadi pecahan biasa seringkali dihadapi di ujian sekolah. Bahkan soal matematika ini juga dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, saat ada diskon 18%, maka pada waktu itulah kemampuan matematika seseorang diuji. Pertama-tama, cari tahu dulu berapa bentuk pecahan biasa dari angka 18%. Kemudian kalikan pecahan biasa tersebut dengan harga barang yang didiskon untuk mendapatkan harga finalnya.

Persamaan dan Perbedaan Persen dan Pecahan Biasa

Agar bisa memperoleh hasil konversi dari bilangan persen menjadi bilangan pecahan biasa, langkah pertama adalah mencari tahu persamaan dan perbedaan antara persen dengan bilangan pecahan biasa. Berikut ini adalah persamaan dan perbedaan antara kedua jenis bilangan tersebut.

  • Bilangan pecahan biasa terdiri dari dua bilangan, yaitu bilangan pembilang yang ada di bagian atas garis dan bilangan penyebut yang letaknya di bagian bawah garis. Angka pada bilangan pembilang dan bilangan penyebut bisa berbeda-beda.
  • Bilangan persen merupakan suatu bilangan pecahan juga. Tapi pada bilangan persen, angka penyebutnya selalu sama, yaitu 100 sedangkan angka pembilangnya bisa berbeda-beda.
Baca Juga:  2 mm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Lalu bagaimana caranya mengubah 18% menjadi pecahan biasa? Kata persen sendiri sebenarnya berarti per seratus. Jadi, bilangan 18% atau 18 persen bisa langsung ditulis dalam bentuk pecahan biasa, yaitu 18/100.

Menyederhanakan 18 Persen Diubah Menjadi Pecahan Biasa

Seperti yang sudah diketahui, bilangan pecahan biasa bisa disederhanakan. Cara menyederhanakan bilangan pecahan biasa adalah dengan membagi bilangan pembilang dan bilangan penyebut dengan angka yang sama. Bagaimana caranya menyederhanakan bilangan persen 18%?

  • Pertama-tama, ubah dulu angka 18% menjadi bilangan pecahan biasa, yaitu 18/100,
  • Selanjutnya, sederhanakan bilangan pecahan 18/100 dengan angka yang sama, yaitu 2.
  • Hasilnya 18:2/100:2 = 9/50,

Apakah bilangan pecahan yang sudah disederhanakan tersebut bisa disederhanakan lagi? Jawabannya tentu saja tidak. Bilangan pecahan 9/50 sudah merupakan bilangan pecahan biasa paling kecil untuk angka 18%. Kenapa bilangan pecahan ini tidak bisa disederhanakan lagi?

Hasil bilangan pecahan tidak boleh berupa bilangan desimal, misalnya 4,5/25. Bilangan pembilang dan pembagi harus sama-sama bilangan bulat dan bukan angka desimal. Jadi, kedua bilangan di atas tidak bisa lagi dibagi dengan angka lain.

Baca Juga:  1,16 Berapa Persen? Cara Mengubah Pecahan Desimal ke Persen

Manfaat Mengkonversi Persen ke Pecahan Biasa

Dengan mengetahui bentuk pecahan biasa dari 18%, seseorang bisa dengan mudah menghitung hasil dari diskon sehingga bisa mengetahui harga final produk tertentu. Misalnya kalau harga suatu barang adalah 250.000 dan ternyata didiskon sebanyak 18%, berapa yang harus dibayarkan?

Ada dua cara untuk menemukan hasilnya. Pertama, kalikan dulu 18/100 dengan 250.000, yaitu 45.000. Lalu kurangi 250.000 dengan 45.000, maka hasilnya adalah 205.000. Cara kedua adalah langsung mengalikan 82/100 dengan 250.000 tanpa 18 persen diubah menjadi pecahan biasa.