Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP 100% Mudah


Uinsuka.ac.id – Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, menghitung persen bisa dilakukan dengan cepat menggunakan kalkulator. Cara menghitung persen di kalkulator HP juga lebih praktis dengan hasil akurat.

Kehadiran kalkulator untuk menghitung persen ini tentunya sangat membantu untuk mengetahui persentase diskon, persentase keuntungan bisnis, dan lainnya. Untuk tahu cara menghitung berapa persen di kalkulator dengan mudah, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Persen

Persen atau persentase memiliki arti per seratus yang menyatakan pecahan angka dari 100% atau jumlah total. Persen juga bisa diartikan sebagai suatu bentuk bilangan atau angka yang menggantikan setengah atau semua dari suatu nilai dengan membentuk perbandingan per seratus.

Secara etimologis, istilah persentase ini berasal dari bahasa Latin yaitu percento. Seiring dengan berjalannya waktu, istilah percento ini diganti menjadi 2 simbol yaitu ‘per’ yang diubah menjadi simbol garis miring (/) dan ‘cento’ yang diganti menjadi 00 sehingga menghasilkan simbol %.

Tidak ada batasan nilai tertinggi dalam persen, namun untuk nilai terendahnya adalah 0%. Dalam persen juga tidak ada angka minus. Tanda persen (%) atau disingkat pct ini dipakai untuk menunjukkan persentase.

Secara umum, penghitungan persentase bisa dilakukan dengan cara menentukan jumlah keseluruhan atau total terlebih dahulu. Setelah itu, bagi angka yang ingin dihitung sebagai persen dan kalikan hasilnya dengan 100.

Rumus Dasar dalam Perhitungan Persen

Cara menghitung persen memang terbilang mudah apalagi dengan bantuan kalkulator. Untuk menghitung persen secara manual, kamu bisa menggunakan rumus sebagai berikut.

  • Persentase = jumlah/nilai bagian : jumlah total x 100%

Contohnya, ada 50 siswa yang mengikuti ujian sekolah. Hasilnya, ada 10 orang yang dinyatakan tidak lulus. Jadi, berapakah persentase siswa yang tidak lulus ujian sekolah? Jawabannya adalah 10 : 50 x 100 = 20%. Jadi, persentase siswa yang tidak lulus ujian sekolah sebesar 20%.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Dosis Obat Sirup Anak Sesuai Takaran

Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Android

Cara menghitung persen menggunakan kalkulator HP tentunya sangat mudah dan cepat. Di era digital seperti saat ini, penghitungan persen di kalkulator HP lebih dipilih karena praktis dibandingkan kalkulator scientific pada umumnya.

Setiap HP baik Android, iOS, atau HP jadul biasanya sudah dibekali dengan aplikasi kalkulator bawaan. Kalkulator HP ini sudah berisi tools untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan penghitungan lainnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kalkulator HP sudah dibekali dengan sejumlah tools yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih rumit dan kompleks seperti perpangkatan, sin, cos, tan, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan fitur perhitungan kalkulator yang lebih lengkap, kamu bisa mengunduh aplikasi kalkulator ilmiah melalui Google Play Store dan App Store. Cara menghitung persentase menggunakan kalkulator HP juga sangat mudah sebagai berikut.

  • Pertama, buka aplikasi kalkulator yang ada di dalam perangkat HP Android.
  • Setelah itu, masukkan nilai yang ingin dihitung persentasenya. Misalnya, kamu ingin menghitung besaran diskon sepatu yang harganya Rp150.000 dengan diskon 25%.
  • Masukkan angka 25 : 100, maka akan keluar hasil 0,25.
  • Selanjutnya, kalikan dengan harga atau total bilangan menjadi 0,25 x Rp150.000 dan klik tanda sama dengan (=).
  • Jika sudah, maka akan keluar hasilnya yaitu sebesar 37.500. Jadi, besaran diskon atau potongan harga sepatu tersebut sebesar Rp37.500. Untuk mengetahui harga sepatu setelah mendapat diskon, gunakan rumus harga awal sepatu dikurangi besaran diskon.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator Biasa

Selain menggunakan kalkulator, menghitung persen juga bisa dilakukan menggunakan kalkulator biasa. Sebagai contoh misalnya, 10 berapa persennya dari 100? Pertama, ketikkan angka 10, kemudian bagi angka tersebut dengan 100 dan klik sama dengan (=).

Jika sudah keluar hasilnya, tinggal kalikan dengan angka 100 dan klik kembali ikon sama dengan (=) untuk mengetahui jumlah persentasenya. Cara lain untuk menghitung persen kalkulator biasa yaitu melalui ikon tombol persen.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Umur Kucing 100% Akurat 2024

Misalnya, hitung persentase 50% dari 200, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu ketik angka 50, kemudian klik ikon persen (%) pada kalkulator.

Jika sudah, maka akan keluar hasil perhitungan dalam bentuk desimal dan tinggal dikalikan dengan angka 100. Klik ikon sama dengan (=) dan akan keluar hasil persentasenya.

Cara Menghitung Persen dengan Excel

Selain menggunakan kalkulator konvensional dan kalkulator HP, persen atau persentase juga bisa dihitung menggunakan Excel.

Ada beberapa yang bisa digunakan untuk menghitung persen di Excel antara lain mengetik manual pada simbol % yang ada di cell Excel dan memilih simbol persen (%) yang terdapat pada toolbar.

Selain itu, perhitungan persen di Excel juga bisa dilakukan dengan mengganti format data menjadi persen (%) di bagian Tab Home > Number > Percentage (%). Berikut ini langkah-langkah menghitung persen menggunakan Excel:

1. Mengetahui Jumlah Persentase

Untuk mencari hasil perhitungan 20% dari kolom B1, maka bisa menggunakan formula sebagai berikut.=20%*B1

2. Mengetahui Besar Persentase

Misalnya, kamu ingin menghitung 20 itu berapa persennya dari 80. Nah, formula yang digunakan yaitu =20/80, kemudian tekan pada ikon simbol persen (%) yang ada di bagian menu bar. Sangat mudah, kan?

Fungsi Perhitungan Persen

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung persen di kalkulator handphone, kalkulator biasa, dan Excel, perhitungan persen ternyata memiliki kegunaan, lho. Berikut ini beberapa fungsi perhitungan persen untuk kehidupan sehari-hari:

1. Mengetahui Persentase

Pada dasarnya, persen bisa dijumpai dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk menemukan nilai persen atau persentase, maka bisa digunakan rumus “Nilai / Nilai Pecahan x 100%”. Perhitungan semacam ini bisa digunakan untuk mengetahui persentase dan nilai dari suatu pecahan.

2. Mengetahui Jumlah atau Nilai

Selain untuk mengetahui besaran persentase, perhitungan persen juga bisa digunakan untuk mengetahui jumlah atau nilai. Untuk mengetahui nilai dari suatu bilangan atau angka, maka bisa digunakan rumus “Nilai Persen x Nilai Pecahan / 100”.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Kebutuhan Hebel untuk Bangunan

3. Mengubah Bentuk Persen

Persen pada dasarnya dapat diubah menjadi berbagai bentuk seperti bentuk pecahan biasa, pecahan campuran, atau bentuk desimal. Untuk mengubah persen menjadi desimal, maka rumus yang digunakan “Nilai / 100”.

Sementara itu, untuk mengubah persen menjadi pecahan biasa atau pecahan campuran, maka rumus yang digunakan adalah rumus penyederhanaan bilangan yang melibatkan FPB (faktor persekutuan terbesar) baik pada angka pembilang maupun angka penyebut.

Dalam konteks ini, angka Penyebutnya yaitu 100. Kalau nilai angka pembilangnya lebih kecil dibandingkan nilai penyebut, maka akan menghasilkan pecahan biasa. Namun, jika nilai Pembilangnya lebih besar dari 100, maka hasilnya akan berupa pecahan campuran.

4. Menghitung Potongan Harga atau Diskon

Diskon atau potongan harga biasanya dinyatakan dalam bentuk persen. Untuk menghitung diskon, rumus yang digunakan yaitu Nilai Diskon / 100% x Harga Jual Barang. Setelah itu, harga jual barang bisa dikurangi dengan besaran diskon.

Cara menghitung persen di kalkulator HP dan kalkulator biasa bisa diterapkan untuk mengetahui hasil persen secara cepat dan praktis. Hasil penghitungan persen menggunakan kalkulator juga lebih akurat dibandingkan cara manual.

Meski begitu, pastikan rumus yang digunakan sudah benar agar hasilnya juga tepat dan sesuai. Karena lebih praktis dan sering dibawa kemana-mana, banyak orang yang lebih memilih menghitung persen menggunakan aplikasi kalkulator bawaan dari HP.

Baca Juga:

error: