2 Ons Berapa Gram? Jawaban dan Konversi Satuan Berat

Uinsuka.ac.id – Untuk kamu yang kerap belanja di pasar tradisional atau tempat lain yang menjual bahan-bahan makanan, sepertinya sudah tidak asing dengan pertanyaan 2 ons berapa gram atau 1 kilogram itu berapa gram. Satuan gram, ons, dan kilogram memang jadi yang paling populer di Indonesia.

Pasalnya, satuan-satuan berat tersebut paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama saat belanja bahan makanan pokok seperti gula, beras, telur, dan bahkan gas tabung. Karena itu, sangat penting untuk kamu tahu cara konversi atau mengubah satuan-satuan berat tadi, seperti dari ons ke gram.

Mengenal Ons dan Gram

Perlu diketahui bahwa ons = hektogram. Sebelum menjawab pertanyaan 2 ons berapa gram, kamu perlu pahami dulu definisi dari ons dan gram sebagai berikut:

1. Ons

Ons berasal dari kata Ounce, dan asal katanya lagi adalah Uncia (merupakan bahasa Latin). Istilah ini punya makna “satuan jenis ukur yang nilainya sama dengan seperdua belas pon” kalau dalam hitungan Romawi (libra). Istilah ons sendiri dikenal oleh Indonesia dari bangsa Belanda.

Baca Juga:  10 Cara Menghitung Lebar Persegi Panjang dan Contoh

Tak banyak yang tahu nih, kalau istilah ons sama dengan hektogram (disingkat hg). Tapi, hektogram ini jauh lebih sering digunakan dalam literasi ilmiah dibanding kehidupan sehari-hari. Kalau dalam tangga satuan berat, ons menempati posisi kedua setelah kilogram (kg).

2. Gram

Sedangkan Gram biasa disingkat “g” (huruf kecil) menempati posisi ke-4 pada tangga satuan berat. Kalau dari kilogram, gram berjarak 3 anak tangga. Sedangkan dari hektogram berjarak 2 tangga saja. Nah, berdasarkan jarak anak tangga tersebut, nilai dari 1 ons berapa gram adalah 100 gram.

Rumus Tangga Satuan Berat

Tangga satuan berat terdiri dari tujuh anak tangga, yang masing-masing punya nilai berbeda tapi sama lain bisa dikonversikan. Kalau diurutkan dari paling atas ke bawah, maka akan seperti ini:

  • Kilogram (disingkat kg)
  • Hektogram (hg) = ons
  • Dekagram (dag)
  • Gram (g)
  • Desigram (dg)
  • Centigram (cg)
  • Miligram (mg)

Kemudian untuk rumusnya, gunakan patokan angka 1. Setiap kali turun tangga, tambah dengan satu nol (0). Contohnya dari kilogram ke hektogram, maka menjadi 10. Kalau dari kilogram ke dekagram, maka dikali 100, dan seterusnya. Sementara kalau naik satu tangga, rumusnya adalah dibagi 10 dan kelipatan.

Baca Juga:  Mengubah 40 ml Berapa Gram dan Contoh Soalnya

Misalnya dari dekagram ke kilogram, maka dibagi dengan 100. Contoh soalnya adalah 300 gram berapa kg? Cara hitung:  300 : 1.000 = 0,3 kg.

Jawaban dari 2 Ons Berapa Gram

Agar bisa menjawab soal di atas, kamu perlu pahami bahwa 1 ons setara dengan 1 hektogram. Lalu hektogram sendiri berada 2 tingkat di atas gram. Maka rumusnya adalah dikali 100. Secara sistematis ditulis seperti berikut:

2 ons = …. gram

2 ons = 2 x 100

2 ons = 200 gram

Konversi Satuan Ons ke Satuan Lain

  • 1 ons = 100 gram
  • 1 kg = 10 ons
  • 1 kg = 1000 gram
  • 10 ons = 1 kg
  • 5 ons = 1 pon

Jadi cara menjawab untuk pertanyaan 2 ons berapa gram adalah 2 x 100 = 200 gram. Kalau mau ganti dari gram ke ons, tinggal dibagi. Contohnya 430 gram berapa ons? Maka, 430 : 100 = 4,3 ons.