3 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung, Pembahasan dan Contoh

Uinsuka.ac.id – 3 meter berapa cm? Pertanyaan tersebut menjadi salah satu pertanyaan yang kerap muncul pada materi konversi satuan panjang. Konversi dari satuan meter ke sentimeter perlu dipahami dengan baik dikarenakan hal tersebut adalah keterampilan dasar yang patut dimiliki oleh banyak orang.

Sebelum menjawab pertanyaan 3 m berapa cm, kamu perlu memahami hubungan antara meter dan sentimeter. Satu meter setara dengan 100 sentimeter. Oleh karena itu, untuk mengonversi meter ke sentimeter, kamu dapat mengalikan jumlah meter dengan 100.

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan rumus cepat untuk konversi satuan panjang, dan juga contoh soal beserta pembahasannya. Tentunya akan mudah untuk kamu pahami dikarenakan tidak susah untuk dimengerti. Oleh karena itu, simak ulasan berikut:

3 Meter Berapa Cm?

Pemahaman konversi satuan panjang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kegiatan olahraga hingga pekerjaan sehari-hari, konsep ini membantu menyusun pemahaman tentang ukuran dan jarak. Ketepatan konversi satuan juga diperlukan dalam bidang teknik, ilmu pengetahuan, dan bisnis.

Baca Juga:  5 Persen dari 100 Ribu Adalah? Ini Rumus Hitung dan Contohnya

3 meter berapa cm? Perlu diingat bahwa rumus dasarnya adalah 1 meter setara dengan 100 sentimeter. Jika ingin mengetahui 3 meter sama dengan berapa sentimeter, maka ikuti rumus di bawah ini:

3 meter*100 cm = 300 cm.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa 3 meter setara dengan 300 sentimeter. Kamu bisa menggunakan rumus dasar ini guna menghitung persoalan lainnya agar lebih paham mengenai materi konversi dari meter ke sentimeter.

Berdasarkan rumus dasar tersebut, kamu bisa menjadikannya acuan untuk mengerjakan soal konversi dari meter ke sentimeter lainnya. Agar lebih memahami persoalan tersebut, simak contoh soal beserta pembahasannya di bawah ini:

Contoh Soal dan Pembahasan

Agar bisa lebih memahami persoalan mengenai konversi satuan panjang, kamu bisa belajar contoh soal dan pembahasannya. Tentunya sangat mudah jika dipelajari dengan seksama. Oleh karena itu, simak contoh soalnya di bawah ini:

1. Contoh Soal

Dimas berlari sejauh 5 meter untuk mengejar bola yang bergulir. Berapa panjang total lintasan yang telah ditempuh Dimas dalam satuan sentimeter?

Baca Juga:  Konversi 60 mL Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal

2. Jawaban dan Pembahasan

Untuk menjawab pertanyaan ini, silakan menggunakan konversi sederhana yaitu 1 meter = 100 sentimeter. Jadi, untuk mengetahui panjang total dalam satuan sentimeter, silakan untuk mengalikan jumlah meter dengan 100.

Berikut adalah tahapannya:

5*100 = 500 cm.

Jadi, panjang total lintasan yang telah ditempuh Dimas adalah 500 sentimeter. Melalui contoh soal tersebut, kamu bisa langsung memahaminya dan mencoba dengan menggunakan nominal lain.

Contoh soal di atas menggunakan rumus dasar yang sudah dijelaskan di awal. Kamu bisa mengerjakan soal serupa dengan menggunakan rumus tersebut. Pastikan tidak salah langkah dalam menghitung agar hasilnya akurat.

Pembahasan mengenai pertanyaan umum yaitu 3 meter berapa cm telah dijelaskan secara rinci melalui ulasan di atas. Kamu juga bisa memahami contoh soal beserta pembahasan yang telah dijabarkan tersebut. Pastikan agar tidak salah langkah dalam perhitungan.