Cara Menghitung Jam ke Menit dan Sebaliknya (+Contoh Soal)

Uinsuka.ac.id – Selain berhadapan dengan angka, pada pelajaran matematika, murid juga akan dihadapkan dengan satuan waktu baik itu berupa tahun, bulan, hari maupun jam, menit, detik. Dalam pelajaran itu, mereka akan dikenalkan sekaligus diajari cara menghitung jam ke menit maupun sebaliknya.

Dengan begitu, murid-murid bisa membaca, memahami, dan mengerti satuan waktu yang mereka miliki agar bisa diaplikasikan ke kehidupan nyata. Setelah mengenal satuan waktu itu, mungkin akan kamu temui beberapa murid belum bisa mengaplikasikannya secara lancar.

Namun tenang saja, karena itu bagian dari proses pemahaman yang mereka miliki sedang dipindai ke aplikasi sehari-hari. Berangsur-angsur, jika pemahamannya sering dilatih maka akan terbentuk pola pikir otomatis mengenai waktu.

Cara Menghitung Jam ke Menit

Meskipun sudah mengetahui hasil konversinya, tetapi sayangnya daftar konversi itu tidak bisa digunakan ketika sedang ujian sekolah. Sebab murid-murid dituntut untuk bisa menghafal dan menghitungnya secara mandiri

Namun tidak perlu bingung, karena cara menghitung setiap satuan waktu itu mudah sekali. Terlebih untuk menghitung jam ke menit. Seperti yang kita ketahui, satu jam bernilai 60 menit dan satu menit bernilai 0,0166667 jam.

Ketika hasilnya lebih dari satu atau bukan desimal, maka rumus yang digunakan adalah perkalian. Ketika hasilnya di bawah satu atau desimal, maka rumus yang digunakan adalah pembagian. Simak contoh soal beserta cara menghitung jam ke menit dan sebaliknya agar lebih paham.

1. Jam ke Menit

Untuk menghitung manual satuan waktu jam ke menit, kamu hanya perlu mengalikannya dengan 60. Jadi apabila ada soal yang mempertanyakan tiga jam sama dengan berapa menit, maka cara menghitungnya adalah tiga dikali 60 sama dengan 180. Begitu seterusnya.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Tagihan Gas PGN dan Mengeceknya

2. Menit ke Jam

Tidak jauh berbeda dengan cara menghitung jam ke menit, cara menghitung menit ke jam bisa dilakukan dengan pembagian. Jadi, apabila ada soal yang mempertanyakan tiga menit sama dengan berapa jam, maka perhitungannya adalah tiga dibagi dengan 60 sama dengan 0,05 jam.

Cara Menjumlahkan Satuan Waktu Lainnya

Perlu diketahui juga, bahwa perhitungan itu tidak hanya berlaku untuk cara menghitung jam ke menit ataupun sebaliknya. Namun juga berlaku untuk menghitungkan satuan waktu lainnya. Dengan catatan, ketika dikonversi ke satuan waktu yang lebih kecil, tanda yang digunakan adalah perkalian.

Sementara ketika dikonversi ke satuan waktu yang lebih besar, tanda yang digunakan adalah pembagian. Adapun angka untuk mengali atau membagi itu berbeda-beda. Tergantung pada konversi yang diinginkan.

Cara Menghitung Selisih Jam, Menit, dan Detik

Jika konversi biasanya menggunakan perkalian dan pembagian, tanda yang digunakan untuk menghitung selisih adalah pengurangan. Jadi mengacu pada angka yang besar dikurangi dengan angka yang lebih kecil. Maka hasil pengurangan itu adalah selisih yang dicari.

1. Selisih Jam

Untuk selisih jam, perhatikan contoh soal berikut. Berapa selisih antara pukul 17.00 dan 20.00? Maka kalkulasi yang bisa digunakan adalah dengan mengurangkan antara angka 20 dan 17. Sementara angka 00 yang ada di belakangnya diabaikan saja.

Mengingat itu adalah penunjuk menit, sedangkan yang ditanyakan adalah jam. Jadi, selisih antara pukul 17.00 dan 20.00 adalah tiga jam. Sementara tidak ada selisih pada bagian menit, karena keduanya menunjukkan pukul 17 tepat dan 20 tepat.

2. Selisih Menit

Apabila soal matematika itu juga menanyakan hingga selisih menit, berarti menit yang ada juga ikut dikurangi. Seperti halnya soal berikut. Berapa selisih antara pukul 19.45 dan 18.15? Maka kalkulasi yang bisa dilakukan adalah mengurangi angka 19.45 dengan 18.15.

Baca Juga:  Cara Menghitung Angsuran Per Bulan Cicilan dengan Bunga

Maka hasil yang didapat atau selisihnya adalah satu jam 30 menit. Sementara tidak ada selisih detik pada soal tersebut, karena bagian detik tidak disebutkan. Namun rumusnya tetap saja. Kurangi satuan waktu yang lebih besar dengan satuan waktu yang lebih kecil.

3. Selisih Detik

Pun soal matematika juga bisa mempertanyakan selisih detik. Perhatikan soal berikut. Berapa selisih antara pukul 07:45:10 dan 06:10:8? Maka kalkulasi yang bisa dilakukan adalah mengurangi 07:45:10 dengan 06:10:8. Maka hasil atau selisih yang didapat adalah satu jam 35 menit 2 detik.

Contoh Soal

Agar bisa memahami satuan waktu dengan baik dan bisa menghitungnya secara cepat, kamu perlu latihan sebanyak dan sesering mungkin agar terbiasa. Dengan begitu, kamu bisa langsung menghitungnya di luar kepala. Berikut contoh soal yang bisa digunakan untuk latihan.

1. Soal Pertama

Murid sekolah SD diberi waktu untuk mengerjakan soal ujian yang terdiri dari Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia selama satu jam 30 menit. Maka, setiap murid bisa mengerjakan masing-masing mata pelajaran selama berapa menit?

  • Ubah rentang waktunya ke menit
    1 jam 30 menit = (1 x 60) + 30 = 90 menit
  • Rentang waktu : jumlah mata pelajaran
    90 menit : 3 mata pelajaran = 30 menit
  • Jadi, murid-murid bisa mengerjakan masing-masing mata pelajaran selama 30 menit.

2. Soal Kedua

Ibu pergi ke pasar dengan berjalan kaki untuk membeli ikan, sayuran, bawang putih, tempe, tahu, sosis, gorengan, dan beberapa macam snack lainnya pada pukul 06.30 dan baru sampai di rumah pukul 07.50. Berapa menit waktu yang dihabiskan ibu selama di pasar?

  • Hitung kedatangan – jam pergi
  • 50 – 06.30 = 01.20
  • 20 = 1 jam 20 menit = (1 x 60 menit) + 20 = 80 menit
  • Jadi, ibu menghabiskan waktu di pasar selama 80 menit
Baca Juga:  Cara Menghitung IP Semester dan IPK 100% Mudah

3. Soal Ketiga

Dea mendapatkan soal Matematika dari ibunya dan ia diminta untuk mengerjakan soal matematika tersebut selama 1,5 jam. Maka, berapa menit waktu yang dimiliki Dea untuk mengerjakan soal Matematika dari ibunya?

  • Ubah satuan waktu jam menjadi menit
    1,5 jam = (1 x 60 menit) + (½ x 60 menit) = 60 menit + 30 menit = 90 menit
  • Jadi, Dea memiliki waktu 90 menit untuk mengerjakan soal Matematika dari ibunya

4. Soal Keempat

Kakak sedang membuat kue brownies yang dicetak di dalam loyang. Setiap satu loyangnya, membutuhkan waktu selama 35 menit. Jika kakak membuat brownies sebanyak lima loyang, berapa menit waktu yang dibutuhkan kakak hingga selesai?

  • Jumlah loyang x waktu yang dibutuhkan untuk membuat brownies satu loyang
    5 x 35 menit = 175 menit = 175 menit : 60 menit = 2 jam 55 menit
  • Jadi, kakak membutuhkan waktu sebanyak 175 menit atau 2 jam 55 menit untuk membuat lima loyang brownies

5. Soal Kelima

Ibu berangkat dari rumah ke pusat olahraga dan bertemu teman-temannya pada pukul 09.00. Untuk sampai di pusat olahraga, ibu membutuhkan waktu selama 45 menit. Maka, pukul berapa ibu akan sampai di pusat olahraga dan bertemu teman-temannya?

  • Jam keberangkatan + waktu yang dibutuhkan untuk sampai di tujuan
    09.00 + 45 menit atau 09.00 + 00.45 = 09.45
  • Jadi, ibu akan sampai di pusat olahraga pada pukul 09.45

Perhitungan antar satuan waktu akan lebih mudah ketika kita mengetahui jumlah setiap satuan waktu itu. Dengan begitu, kita bisa menghitung setiap satuan apapun dengan lebih cepat. Bahkan cara menghitung jam ke menit atau menit ke jam sudah di luar kepala.