4 Cara Menghitung Umur Kucing 100% Akurat 2024


Uinsuka.ac.id – Tahukah kamu bagaimana cara menghitung umur kucing? Ternyata, umur kucing dengan manusia berbeda, dimana satu tahun manusia tidak sama dengan satu tahun kucing. Ada pepatah yang mengatakan bahwa satu tahun kucing itu sama dengan tujuh tahun umur manusia.

Namun, itu tidaklah benar dan banyak orang yang masih mempercayainya. Pepatah tersebut dipakai untuk menunjukkan bahwa umur kucing dengan manusia itu berbeda, dimana umur kucing jauh lebih tua dibanding manusia sehingga kucing dapat menua lebih cepat.

Bagi yang suka memelihara kucing, penting sekali untuk mengetahui umur hewan peliharaan satu ini. Dengan begitu, akan tahu cara perawatan serta kesehatan yang harus dilakukan seperti apa. Lalu, bagaimana cara tepat menghitung umur kucing? Simak penjelasannya berikut.

Mengenal Umur Kucing

Banyak orang yang menghitung umur kucing memakai rasio 1:7, dimana ketika kucing berumur satu tahun, artinya dikalikan tujuh tahun umur manusia. Nyatanya, penghitungan seperti ini tidak tepat.

Ada pedoman tersendiri dalam menghitung umur kucing yang telah disetujui oleh International Cat Care. Cara menghitung umur kucing yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Di tahun pertama umur kucing itu sama dengan kurang lebih 15 tahun umur manusia.
  • Di tahun kedua umur kucing itu sama dengan 9 tahun tambahan.
  • Setelah melewati tahun kedua, untuk tahun selanjutnya tambahan seperti 4 tahun umur manusia.

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa kucing mengalami penuaan lebih cepat di kehidupan 2 tahun pertama. Lalu, proses penuaan ini berlangsung ke tahapan selanjutnya yang lebih matang.

Sebagai gambaran, apabila memiliki peliharaan kucing yang dirawat mulai bayi sampai sekarang berumur 4 tahun, maka umurnya setara dengan 32 tahun umur manusia. Perlu diketahui, 1 tahun fisiologis kucing sama dengan manusia yang berumur 15 tahun.

Baca Juga:  Cara Menghitung IP Semester dan IPK 100% Mudah

Kucing dan manusia melewati tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang serupa. Penghitungan ini berlaku bagi semua ras dan jenis kucing.

Cara Menghitung Umur Kucing

Untuk mengetahui cara menghitung umur kucing yang benar, perhatikan hal penting berikut.

1. Umur Kucing Baru Lahir – 6 Bulan Pertama

Manusia di umur 6 bulan pertama tidak bisa lepas oleh peran serta perawatan penuh dari kedua orang tua. Jika bayi berumur kurang dari 6 bulan pasti memerlukan ASI, butuh digendong, belum bisa berjalan, dan lainnya.

Namun, hal ini tidak sama dengan kucing, dimana kucing yang berumur kurang 6 bulan akan suka berlari, ingin mengetahui banyak hal, serta suka mengunyah.

Perlu dipahami bahwa umur kucing 6 bulan itu sama dengan 10 tahun umur manusia. Jadi, kucing telah menginjak di umur 6 bulan pertamanya, sehingga bisa disebut anak-anak, bukanlah bayi kucing lagi.

2. Umur Kucing 6 bulan sampai 3 Tahun

Ketika kucing menyentuh umur 1 tahun, maka bisa dianggap sebagai dewasa. Jika dibandingkan dengan manusia, kucing umur 1 tahun kondisinya setara dengan manusia yang telah berumur 15 tahun. Untuk kucing yang berumur 2 tahun kondisinya setara dengan manusia yang telah berumur 24 tahun.

Hingga menginjak di 1 sampai 3 tahun kehidupannya, kucing membutuhkan beragam perawatan khusus, seperti pemeriksaan kesehatan per tahun serta pembersihan gigi.

Di umur ini, tubuh kucing telah mencapai ukuran maksimalnya. Kucing akan mulai belajar mengenai cara bertahan hidup dan suka menjelajah. Di kisaran umur ini juga kucing suka melakukan perkelahian dan gampang terkena penyakit menular.

3. Umur Kucing 3 Tahun sampai 6 Tahun

Jika dibandingkan dengan manusia yang berumur 5 sampai 6 tahunan, maka fase pertumbuhannya masih di tahap anak-anak, mulai mengenal lingkungan sekitar, dan rasa ingin tahunya banyak sekali.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Neraca Ohaus, Jenis, Rumus 2024

Namun, bagi kucing umur 5 tahun sama dengan umur 30 tahun manusia, sehingga di umur ini kucing sudah menjadi dewasa.

Di usia ini, kucing membutuhkan berbagai vaksin rutin serta perawatan kesehatan setiap tahunnya. Meski di rentang usia ini, kebanyakan kucing dalam kondisi sehat, namun harus tetap rutin melakukan perawatan kesehatannya.

4. Umur Kucing 7 Tahun sampai 10 Tahun

Di umur yang sudah menginjak 7 tahun ini, kucing bisa dibilang sebagai kucing senior. Meski dibilang senior, kucing di usia ini masih mampu menangkap sesuatu dan melompat.

Jika dihitung, kucing yang berumur 10 tahun akan sama dengan manusia yang berumur 56 tahun. Di kisaran umur ini, kucing akan mudah mengalami kesehatan gigi dan juga jantung. Ini sama seperti yang dialami manusia.

Cara Mengetahui Umur Kucing

Untuk mengetahui umur kucing yang benar, wajib perhatikan beberapa indikator penting ini.

1. Perhatikan Gigi Kucing

Umur kucing bisa diketahui dari giginya. Di usia 2 hingga 4 minggu, gigi susu kucing akan muncul pertama kali. Lalu, akan tumbuh gigi permanen yang nantinya menggantikan gigi susu ini di usia 3 hingga 4 bulan.

Gigi ini akan tumbuh secara maksimal di usia menginjak 6 bulan. Untuk kucing yang berumur lebih tua, dalam menentukan umur kucing perlu dilihat noda ataupun karang giginya.

Namun, karena sekarang banyak tersedia produk pembersih gigi khusus hewan, maka indikator ini akan sulit dijadikan cara menentukan umur kucing.

2. Kematangan Seksual

Untuk mengetahui umur kucing juga bisa dilihat dari kematangan seksualnya. Pada kucing jantan, di usia 6 bulan akan mencapai kematangan seksual.

Bisa juga dilihat tanda-tanda pubertasnya, seperti kebiasaan kencing sembarangan (spraying) yang dijadikan sebagai tanda bahwa area tersebut merupakan kekuasaannya, serta berguna menarik kucing jantan agar mendekat.

Sementara pada kucing betina akan mengalami masa birahi untuk pertama kalinya di umur menginjak 5-9 bulan. Tingkat kesuburan paling tinggi yaitu di umur 18 bulan sampai 8 tahun, meskipun dapat hamil lebih cepat atau lebih lambat dari jangka waktu itu.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Dosis Obat Sirup Anak Sesuai Takaran

3. Pertumbuhan Bulu

Mengetahui umur kucing juga bisa dilihat dari pertumbuhan bulunya. Jika pada anak kucing memiliki bulu lembut serta halus. Namun, ketika sudah beranjak dewasa, bulunya akan menebal dan kasar. Bulu kucing juga bisa berubah menjadi lebih terang ataupun lebih gelap ketika bernaung.

Ketika umurnya mulai tua, akan timbul bercak abu-abu atau putih di sekitar bulu kucing. Sebagai tambahan, jika kucing mampu merawat dirinya lebih baik akan bisa membantu mengetahui umur mereka. Kucing yang sudah tua biasanya akan malas membersihkan dirinya.

4. Mata

Mengetahui umur kucing juga bisa dilihat dengan memperhatikan matanya. Kucing yang dalam masa pertumbuhan dan kondisinya sehat akan mempunyai mata yang sangat cerah serta jernih tanpa mengeluarkan air mata.

Lalu, di tahun selanjutnya, kucing mampu mengembangkan matanya yang keruh. Namun, kondisi ini tidak bisa terjadi hingga kucing berumur sekurang-kurangnya 10 tahun.

Dapat disimpulkan bahwa umur kucing lebih tua dari manusia dan cara menghitung umur kucing berbeda dengan cara menghitung umur pada manusia.

Namun, cara terbaik untuk mengetahui umur kucing dengan tepat yaitu dengan konsultasi ke dokter hewan, sehingga akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kucing.

Baca Juga:

error: