3 Cara Menghitung Engagement Rate 100% Akurat


Uinsuka.ac.id -Engagement rate adalah salah satu metrik penting dalam dunia pemasaran digital yang dapat memberikan wawasan yang berharga tentang sejauh mana konten terlibat dengan audiens. Dengan cara menghitung engagement rate, kamu dapat mengevaluasi kinerja konten.

Selain itu, juga bisa mengidentifikasi tren yang relevan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Namun, untuk melakukan perhitungan ini dengan akurat, diperlukan pemahaman yang baik tentang metode perhitungan yang benar.

Pertama-tama, langkah pertama dalam menghitung engagement rate adalah menentukan periode waktu yang akan dianalisis. Ini bisa menjadi mingguan, bulanan, atau periode waktu lainnya yang relevan dengan tujuan dan kebutuhanmu.

Pengertian Engagement Rate

Engagement rate adalah metrik yang dipakai untuk mengetahui sejauh mana audiens terlibat dengan konten yang dibagikan. Dalam dunia pemasaran digital, engagement rate banyak digunakan untuk mengevaluasi kinerja konten dalam menciptakan ketertiban dan interaksi dengan audiens.

Dalam istilah sederhana, engagement rate menggambarkan persentase dari pengikut atau penggemar kamu yang berinteraksi dengan konten kamu.

Engagement rate dapat dihitung dengan membagi jumlah total engagement yang diterima pada konten (seperti like, komentar, berbagi) dengan jumlah pengikut atau penggemar yang kamu miliki, dan kemudian mengalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

Dalam menghitung engagement rate, penting untuk memperhatikan periode waktu yang digunakan dan membandingkannya dengan jumlah posting yang kamu lakukan. Periode waktu yang lebih lama dan jumlah posting yang lebih sedikit dapat menghasilkan engagement rate yang lebih rendah.

Sedangkan periode waktu yang lebih pendek dengan jumlah posting yang lebih banyak dapat menghasilkan engagement rate yang lebih tinggi. Selain itu, setiap platform media sosial dapat memiliki metode perhitungan yang sedikit berbeda.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Kebutuhan Hebel untuk Bangunan

Cara Menghitung Engagement Rate Sosial Media

Untuk menghitung engagement rate secara akurat, langkah pertama adalah menentukan periode waktu yang ingin kamu analisis, seperti satu minggu atau satu bulan terakhir. Selanjutnya, kumpulkan data mengenai total engagement yang diterima, seperti jumlah like, komentar, dan berbagi pada konten.

Setelah itu, bagi jumlah total engagement dengan jumlah pengikut atau penggemar kamu, dan kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase engagement rate. Dengan demikian, kamu dapat memperoleh wawasan yang berharga untuk meningkatkan interaksi dengan audiens kamu di media sosial.

Rumus yang dipakai untuk menghitung engagement rate adalah sebagai berikut:

  • Engagement Rate = ((Jumlah Total Engagement) / (Jumlah Total Posting)) / (Jumlah Follower atau Fans) x 100

Dalam rumus ini, kamu perlu mengumpulkan data sebagai berikut:

  • Jumlah Total Engagement: Jumlahkan semua interaksi yang kamu terima pada konten, seperti like, komentar, dan berbagi.
  • Jumlah Total Posting: Hitunglah jumlah total posting yang kamu bagikan selama periode waktu yang ingin kamu analisis.
  • Jumlah Follower atau Fans: Ketahui berapa banyak pengikut atau penggemar yang dimiliki saat ini.

Setelah kamu memiliki data tersebut, lakukan perhitungan sebagai berikut:

  • Bagi Jumlah Total Engagement dengan Jumlah Total Posting untuk mendapatkan rata-rata engagement per posting.
  • Bagi rata-rata engagement per posting dengan Jumlah Follower atau Fans.
  • Kalikan hasilnya dengan 100 untuk mendapatkan persentase engagement rate.

Dengan menggunakan rumus ini, dapat menghitung engagement rate secara akurat dan menggunakannya sebagai indikator untuk mengukur sejauh mana konten kamu terlibat dengan audiens di media sosial.

Contoh Cara Menghitung Engagement Rate

Misalkan kamu memiliki akun Instagram dengan total pengikut 5000 orang. Selama periode satu minggu, kamu melakukan 10 posting dan menerima total 350 like, 50 komentar, dan 20 berbagi pada semua posting tersebut.

  • Langkah 1: Menghitung Jumlah Total Engagement Total engagement = Jumlah like + Jumlah komentar + Jumlah berbagi Total engagement = 350 + 50 + 20 Total engagement = 420
  • Langkah 2: Menghitung Rata-rata Engagement per Posting Rata-rata engagement per posting = Total engagement / Jumlah posting Rata-rata engagement per posting = 420 / 10 Rata-rata engagement per posting = 42
  • Langkah 3: Menghitung Engagement Rate Engagement Rate = (Rata-rata engagement per posting / Jumlah pengikut) x 100 Engagement Rate = (42 / 5000) x 100 Engagement Rate = 0.84%
Baca Juga:  4 Cara Menghitung Modal Awal dan Contohnya 2024

Jadi, engagement rate kamu adalah 0.84%. Ini menunjukkan bahwa sekitar 0.84% dari total pengikut kamu berinteraksi dengan konten yang kamu bagikan dalam periode waktu tersebut.

Manfaat Cara Menghitung Engagement Rate

Cara-cara menghitung nilai engagement rate di atas berguna untuk beberapa hal di bawah ini.

1. Evaluasi Kinerja Konten

Engagement rate digunakan untuk mengukur sejauh mana audiens terlibat dengan konten yang kamu bagikan. Dengan melihat engagement rate, kamu dapat mengevaluasi kinerja konten dan melihat bagaimana audiens meresponsnya.

Kamu dapat mengidentifikasi konten yang paling menarik perhatian, jenis konten yang paling banyak diinteraksi serta topik atau gaya yang paling berhasil dalam menciptakan keterlibatan. Informasi ini membantu kamu untuk memahami minat audiens kamu dan mengoptimalkan strategi konten kamu.

2. Pemantauan Pertumbuhan

Engagement rate juga berguna dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan akun media sosial kamu. Dengan membandingkan engagement rate dari waktu ke waktu, kamu dapat melihat apakah ada peningkatan atau penurunan dalam keterlibatan audien.

Jika engagement rate meningkat, ini menunjukkan bahwa konten dan strategi kamu berhasil, dan audiens semakin terlibat. Namun, jika engagement rate menurun, ini mungkin menunjukkan bahwa ada perubahan yang perlu dilakukan dalam konten atau pendekatan kamu.

3. Perbandingan dengan Pes Konkret

Engagement rate memungkinkan untuk membandingkan kinerja kamu dengan pesaing di media sosial. Dengan melihat engagement rate pesaing, kamu dapat mengetahui sejauh mana kamu berada dalam hal keterlibatan audiens dibandingkan dengan pesaing di industri yang sama.

Informasi ini dapat memberikan wawasan berharga tentang posisi konten di pasar dan membantu kamu mengidentifikasi area di mana kamu dapat meningkatkan keterlibatan dan memperoleh keunggulan kompetitif.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung FCR Ayam Broiler, Rumus, Contoh

Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate

Engagement rate dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Konten

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi engagement rate adalah kualitas konten yang dibagikan. Konten yang menarik, relevan, dan memberikan nilai tambah kepada audiens cenderung mendapatkan lebih banyak interaksi.

2. Jenis Konten yang Dibuat

Jenis konten yang dibagikan juga dapat mempengaruhi engagement rate. Beberapa jenis konten seperti gambar, video, pertanyaan, atau konten yang mengundang partisipasi, biasanya lebih mampu menciptakan keterlibatan dan interaksi dengan audiens.

3. Interaksi dengan Audiens

Tingkat interaksi dan respons yang diberikan terhadap audiens dan juga memainkan peran penting dalam meningkatkan engagement rate. Mengambil waktu untuk merespons komentar, menjawab pertanyaan, dan terlibat dalam diskusi dengan audiens menunjukkan bahwa kamu peduli dan memperhatikan mereka.

4. Waktu Publikasi yang Pas

Waktu publikasi posting juga dapat mempengaruhi engagement rate. Mengamati dan menganalisis data mengenai kapan audiens kamu paling aktif dan responsif dapat membantu untuk menentukan waktu terbaik untuk membagikan konten.

Dengan menggunakan cara menghitung engagement rate secara efektif, kamu dapat mengukur dan mengoptimalkan keterlibatan audiens kamu di media sosial. Ini membantu untuk memahami minat audiens, meningkatkan kinerja konten, serta membandingkan diri kamu dengan pesaing.

Baca Juga:

error: